Tak bisa dipungkiri, musim hujan bakal bikin rumah jadi makin lembap dan sejumlah area di rumah bakalan menjadi basah, terutama di area pintu masuk.

Tidak cuma bikin gampang kepleset, tapi area pintu masuk yang licin ternyata juga dapat membuat tampilan depan rumah menjadi tampak lebih kotor lho.

Tapi Kamu tenang aja, sebenarnya ada kok cara yang bisa Kamu tempuh supaya pintu masuk tetap kering, tidak kotor, dan potensi terpeleset di area pintu masuk dapat diminimalisir.

Berikut ini adalah 4 cara yang bisa Kamu tempuh:

1. Rak sepatu terbuka

Menggunakan lemari dan rak sepatu terbuka di pintu masuk bisa bikin alas kaki jadi lebih mudah mengering. Dengan begitu Kamu juga bisa mengurangi kemungkinan tumbuhnya jamur. Kemudian, gunakan bola naftalena, bola kamper, atau daun nimba untuk menghilangkan kelembapan.

2. Keset

Dengan menempatkan keser besar di pintu akan membuat orang dapat membersihkan alas kakinya terlebih dahulu sebelum memasuki rumah.

Saat musim penghujan, alangkah baiknya jika Kamu menggunakan keset yang terbuat dari sabut atau karet karena lebih cepat menyerap air ketimbang yang terbuat dari kain biasa.

3. Tirai tipis

Selain memiliki faktor estetika, tirai ini juga memungkinkan untuk ventilasi yang baik karena rumah cenderung menjadi pengap selama musim penghujan.

Dengan adanya tirai tipis ini Kamu juga bisa memanfaatkan sinar matahari yang terputus-putus agar bagian interior rumah bisa tetap kering.

4. Edukasi anak

Ini juga gak kalah penting, kalau Kamu sudah berkeluarga dan memiliki anak, didik anak-anakmu untuk membersihkan diri atau tidak memperbolehkan anak-anakmu masuk ke rumah dengan pakaian yang kotor.

Semisal di rumahmu terdapat lebih dari 1 pintu masuk, pastikan anak-anakmu hanya keluar masuk menggunakan salah satu pintu tertentu. Hal ini akan membatasi jumlah tempat masuknya kotoran ke dalam rumah.

Disadur dari kompas.com


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *