Selain kebersihan dan keindahan, salah satu hal yang paling dibutuhkan dalam setiap rumah adalah keharuman. Aroma harum ini sama seperti halnya kebersihan dan estetika, harus ada upaya yang ditempuh untuk mendapatkannya.

Kalau gak ngapa-ngapain tapi rumahnya udah wangi sendiri, duh malah agak gimana gitu ya hehe.

Untuk membuat rumah menjadi wangi tidak cukup dengan rutin membersihkan rumah dan memastikan tidak ada barang yang memiliki bau disekitarnya saja.

Ada beberapa cara yang bisa ditempuh untuk membuat rumahmu jadi wangi, seperti berikut ini:

1. Membersihkan karpet

Nah ini, karpet atau permadani kerap kali jadi biang kerok yang bikin rumah jadi bau. Untuk mengatasinya, Kamu bisa menaburkan sedikit soda kue pada karpet yang ada di lantai, kemudian sedot debu untuk menghilangkan bau tak sedapnya.

2. Lilin aroma

Ini adalah cara yang mudah, siapapun bisa melakukannya. Lilin aroma yang disimpan di setiap sudut ruangan rumah dapat membuat rumah menjadi lebih wangi.

Coba saja deh, letakkan satu di ruang tamu, ruang keluarga, kamar tidur, dan nyalakan setiap kali Kamu ingin merasakan keharuman.

3. Tanaman

Tak dapat dipungkiri, dengan adanya tanaman beraroma menenangkan pasti bisa bikin efek harum di rumah sekaligus dapat menjernihkan udara. Kamu bisa mencoba menanam bunga melati, lili, gardenia, dan lain-lain agar dapat menciptakan aroma wangi di dalam rumah.

4. Pengharum ruangan

Tidak hanya lilin aroma dan tanaman, kalau perlu Kamu juga bisa menambahkan pengharum ruangan yang digantung di lubang ventilasi layaknya seperti kipas angin atau AC. Dengan begitu aroma wangi akan menyebar ke seluruh ruangan ketika udara berhembus.

5. Buang sampah secara rutin

Terakhir dan juga tidak kalah penting adalah Kamu harus rutin membuang sampah agar bau tidak sedap di dalam rumah bisa menghilang.

Biasanya tempat sampah sering kali diisi dengan kotoran, sisa-sisa makanan, kulit buah dan lain sebagainya yang bisa bikin rumah tercium bau tak sedap. Jadi, bersihkan tempat sampah setiap hari dan bila perlu sesekali ganti tong sampahnya sekalian.

Disadur dari kompas.com


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *