Tren desain interior tiap tahun bakalan berubah, meski begitu tetap ada aja elemen desain tertentu yang sifatnya timeless atau gak bakalan ketinggalan jaman. Bahkan, dengan desain tersebut Kamu gak perlu repot-repot mengikuti tren yang gak ada habis-habisnya.

Ingat, ada sejumlah aturan yang harus Kamu penuhi dalam penerapan model desain timeless berikut ini

1. Pola klasik

Pola klasik seperti kotak-kotak dan garis-garis dapat menciptakan kesan timeless, tapi Kamu juga harus menghindari gaya trendi karena tidak cocok dengan desain ini. Ingat, setidaknya gunakan 3 pola dalam satu ruangan dan variasikan skala ketiganya.

Misalnya, satu besar, satu sedang, dan satunya lagi kecil, satu media kecil dan dua media lainnya berbeda, atau bisa juga sebaliknya satu media besar dan dua lainnya berbeda.

Pendistribusian pola secara merata ke seluruh ruangan juga tidak kalah penting. Jika mayoritas pola ada di satu sisi ruangan, nanti jadi tampak tak seimbang dan itu akan merusak sisi simetris, dan malah jadi wagu.

2. Jauhi tren

Faktanya, tren yang dapat bertahan lebih dari beberapa tahun itu jarang ada, dan biasanya mereka juga punya tanggal kadaluarsa. Misalnya, jika ada warna yang trendi dan Kamu pengen menerapkannya, aplikasikan saja ke barang-barang kecil yang mudah diganti seperti bantal.

Jangan terlalu menginvestasikan banyak ruang visual untuk sesuatu yang trendi seperti jendela atau perawatan sofa.

3. Gunakan barang berkualitas

Kalau ini sudah pasti, perabotan, kain, dan aksesoris yang memiliki kualitas baik mampu menciptakan ruang yang tak lekang oleh waktu.

Karena barang-barang yang berkualitas tinggi akan memberikan kesan karakter dan tujuan yang kuat pada ruangan Kamu serta mampu bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Beda dengan barang-barang yang kualitasnya dipertanyakan, yang ada malah bikin kualitas buruk di ruangan secara keseluruhan dan tidak awet pula.

Tidak diragukan lagi, hal nomor satu yang dapat Anda lakukan untuk menciptakan ruang tak lekang oleh waktu adalah menggunakan furnitur, kain, dan aksesori berkualitas baik.

Furnitur berkualitas rendah tidak hanya akan rusak dalam beberapa tahun, tetapi juga akan memberikan kualitas buruk di ruangan secara keseluruhan.

Tentu menggunakan barang-barang murah juga bukan cara yang tepat. Kamu masih bisa menggunakan barang-barang vintage dan upcycled, tetapi kualitas terbaik yang harus Kamu pertimbangkan.

Demikian sekilas inpoh, semoga bermanfaat. Ciao!

Disadur dari kompas.com


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *