Investasi jangka panjang adalah suatu perencanaan keuangan terbaik untuk Kamu yang pengen hidup tenang. Dengan menyimpan dan mengembangbiakkan uang di tempat lain, Kamu tak perlu lagi tercekik akan masalah keuangan di masa depan.

Investasi jangka panjang jenisnya ada banyak, yang kerap menjadi pilihan banyak orang adalah investasi rumah dan ruko.

Nah, dari situ muncul pertanyaan, kira-kira mana ya yang lebih menguntungkan ? Apakah keduanya menghasilkan untung yang sama ? Terus, bagaimana dengan risikonya ?

Biar gak bingung, cek ulasan artikel berikut ini!

Membahas Investasi Rumah dan Ruko. Mana yang Lebih Menguntungkan?

Investasi Rumah

Semua yang terjun ke dunia investasi pasti tujuannya sama, yaitu mencari cuan. Investasi rumah adalah salah satu instrumen investasi yang bisa memberikan jaminan cuan.

Banyak investor yang memilih investasi rumah lantaran memiliki target market yang stabil. Pasalnya, Kebutuhan pasarnya tidak pernah merosot drastis, bahkan cenderung bertambah dan tiap tahun harganya selalu naik.

Berikut adalah keuntungan dan kerugian investasi rumah:

Keuntungan Investasi Rumah

  • Berwujud Fisik

Aset properti seperti rumah dalam bentuk fisik bisa dilihat langsung, lain halnya dengan saham. Ini adalah sebuah keuntungan lantaran Kamu bisa mengeceknya langsung secara rutin dan juga merawatnya sendiri. Rumah yang terawat tentu harganya akan makin tinggi.

  • Keuntungan yang Tidak Mengecewakan

Harga yang cenderung meningkat adalah keuntungan investasi rumah dan ruko. Bedanya cuma pada sisi harganya saja.

Mungkin Kamu Suka

Luas dan harga bisa disesuaikan lantaran investasi rumah mengandalkan bangunan sebagai hunian. Selain itu, harga jual rumah bisa lebih tinggi dari nilai sebelumnya seiring berjalannya waktu. Di tanah air sendiri kenaikan harga biasanya terjadi setiap kuartal.

  • Banyak Peminat

Kebutuhan properti makin ke sini makin meningkat, bahkan di era pandemi ini masih banyak orang yang berburu properti berupa rumah. Hal ini tentu saja menyebabkan peningkatan minat di pasar properti yang secara langsung berdampak pada harga rumah.

  • Merupakan Investasi Jangka Panjang

Rumah adalah instrumen investasi jangka panjang karena asetnya bisa dijual 10 atau 30 ke depan dan Kamu tetap tidak akan rugi. Seperti yang sudah disebutkan di atas, Kamu akan mendapatkan keuntungan yang berlipat-lipat, apalagi kalau disewakan, makin wow.

Kerugian Investasi Rumah

  • Beban Perawatan

Kerugian dalam berinvestasi rumah cuma satu, yaitu biaya perawatan yang cukup tinggi. Kamu perlu merogoh kocek yang cukup dalam untuk merawat rumah, bisa setahun sekali atau bahkan tiap bulan.

Rumah yang terawat harganya makin tinggi. Tetapi sebaliknya, rumah terbengkalai termasuk sebagai aset gagal dan pastinya sepi peminat.

Investasi Ruko

Selain rumah, ada juga investasi ruko yang juga menjadi primadona. Ruko sendiri adalah bangunan yang memiliki dua fungsi, yaitu sebagai tempat tinggal dan bisnis. Itulah yang menjadi alasan mengapa banyak orang memilih ruko sebagai instrumen investasi.

Langsung saja Kita bahas keuntungan dan kerugiannya di bawah ini.

Keuntungan Investasi Ruko

  • Pendapatan Pasif

Dengan investasi ruko, Kamu punya kesempatan untuk menyewakan tempat tinggal sekaligus area bisnis. Orang yang menyewa ruko umumnya memiliki rencana jangka panjang, dengan begitu Kamu bisa mendapatkan passive income.

Kamu gak usah khawatir, tinggal ngopi sembari menikmati senja uang datang dengan sendirinya kepadamu tiap bulannya.

  • Lokasi Pasti Strategis

Sudah tentu developer ruko memilih tempat yang strategis karena menguntungkan pebisnis. Ini juga menguntungkan Kamu lantaran Kamu tidak perlu repot-repot mencari peminat.

  • Investasi Jangka Panjang

Baik investasi ruko maupun rumah, dua-duanya merupakan aset properti terjamin. Properti berbeda dengan saham yang naik turunnya bisa nukik dan bikin kantong bolong. Meskipun properti turun, tapi tidak akan lama dan tidak akan drastis.

Kerugian Investasi Ruko

  • Tidak Bisa Diperbesar

Berbeda dengan rumah, luas dan fasad ruko biasanya sudah ditentukan oleh developer sehingga Kamu tidak bisa merubahnya.

  • Desain Ruko kurang Menarik

Memang sudah banyak developer yang mendirikan ruko dengan desain modern. Tapi tetap saja, desainnya masih standar dan cenderung tidak eye catching. Padahal orang-orang membutuhkan lapak yang menarik perhatian untuk memulai bisnis.

  • Mendapatkan Lokasi Sepi

Kamu juga harus hati-hati memilih ruko dalam berinvestasi, jika ternyata rukonya berada di daerah yang sepi, maka akan jarang sekali ada pebisnis yang akan menyewa ruko punyamu.

Selain itu, Kamu juga masih harus mengeluarkan uang untuk pajak bangunan dan biaya perawatan tanpa mendapatkan pemasukan, yang ada malah tekor kan.

Disadur dari 99.co


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *