Salah satu peralatan memasak yang kerap kali terkena percikan lemak dan sisa makanan adalah oven. Karena itulah oven harus rutin dibersihkan supaya tidak ada kotoran yang mengendap dan menjadi kerak.

Namun, buat sebagian orang membersihkan oven adalah sebuah kegiatan yang membosankan, hal yang bisa menjadi sebuah solusi adalah dengan menemukan cara membersihkan oven yang efektif dan efisian.

Untuk itu, Kamu harus pandai memanfaatkan bahan-bahan yang tersedia di rumah, apalagi jika sifatnya alami dan tidak perlu merogoh kocek lebih dalam.

Dikutip dari Real Homes, Senin (20/12/2021), berikut ini adalah 4 tips membersihkan oven menggunakan bahan alami yang dirangkum buat Kamu.

1. Lemon

Cara ini dianggap bagus untuk membersihkan oven menggunakan uap serta memberikan aroma segar secara alami pada oven. Caranya, Kamu tinggal potong 2 buah lemon dan meletakkannya pada mangkuk tahan oven dan panaskan dalam oven dengan tingkat 250 derajat celcius selama 1 jam.

Selanjutnya, matikan oven dan buka pintu oven untuk mengurangi suhunya. Baru kemudian kenakan sarung tangan dan mulailah mengelap bagian dalam oven dengan menggunakan kain lembab.

2. Soda kue

Sudah bukan rahasia lagi bahwa soda kue merupakan bahan alami yang efektif menghilangkan kotoran dari perabotan di rumah, tak terkecuali oven. Caranya mudah, Kamu cukup menaburkan soda kue secukupnya di atas permukaan bagian dalam oven.

Oh ya, dianjurkan untuk mencampur soda kue dengan air dan membuatnya menjadi bentuk pasta untuk mempermudah pengerjaan.

Kemudian, diamkan saja selama minimal 12 jam dan gosok semua bagian oven dengan spons mikrofiber basah.

3. Jus lemon dan soda kue

Di atas disebutkan dengan lemon dan soda kue, kali ini dengan mengkombinasikan keduanya. Langkah ini butuh 2 langkah pembersihan.

Pertama, taburkan soda kue ke dalam oven beserta dengan sedikit air lalu gosok oven, dan diamkan selama 10 menit. Peras lemon segar ke dalam mangkuk berisi air hangat dan gunakan untuk membilas soda kue pada oven

Seusai semua sisa soda kue hilang, ulangi pembersihan ulang dengan menggunakan air lemon untuk hasil yang mengkilap, bebas goresan dan aroma yang segar tentunya.

4. Soda kue dan cuka

Cara ini bisa menjadi pilihan apabila oven milikmu benar-benar dalam keadaan yang amat sangat kotor sekali.

Pertama-tama, taburkan soda kue pada oven. Kemudian, semprotkan cuka putih di atasnya lalu diamkan selama 30 menit, baru kemudian Kamu bilas oven dengan menggunakan kain lembab.  

Disadur dari kompas.com


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *