Lantai dapur menyimpan banyak sekali sisa-sisa bahan makanan, kotoran, bahkan hingga cipratan minyak karena dapur memang merupakan area untuk meracik bahan makanan atau memasak.

Maka dari itu, lantai dapur haruslah rutin dibersihkan agar rumah tetap bersih dan sehat. Mengutip dari Kitchen Seer, Kamis (23/12/2021), para ahli kebersihan merekomendasikan minimal lantai dapur dipel sekali dalam seminggu.

Jika keadaannya terlampau kotor, maka disarankan untuk dipel setiap hari. Oh ya, lantai dapur juga harus disapu setiap hari baik sebelum maupun sesudah penggunaan agar memudahkan proses mengepel.

Dalam dengan hal ini, sejumlah ahli merekomendasikan agar lantai dipel kering sebanyak beberapa kali dalam satu minggu.

Pel kering atau juga dikenal dengan sebutan pel debu, terbuat dari serat mikro dan cocok digunakan untuk membersihkan debu, bulu hewan peliharaan dan kotoran.

Lantas, bagaimana cara mengepel lantai dapur supaya hasilnya bersih maksimal ?

Cara mengepel lantai dapur

Pertama-tama yang harus Kamu lakukan adalah menyapu atau menyedot debu pada lantai dapur. Kemudian, siapkan peralatan mengepel seperti mengisi ember pel dengan air dan pembersih lantai. Ada baiknya menggunakan air hangat supaya hasilnya lebih baik.

Letakkan ember pel dekat dengan akses keluar dan mulailah mengepel. Ketika mengepel, Kamu harus selalu memperhatikan kepala pel dan seberapa kotor air dalam ember. Kamu perlu mencuci pel mengganti air pada ember apabila sudah terlampau kotor.

Kamu juga bisa menggunakan dua ember sekaligus ketika mengepel lantai dapur yang mana satu diisi dengan campuran larutan pembersih dan satunya lagi dengan air untuk membilas.

Selain dengan cara di atas, ada satu lagi cara lainnya yaitu menggunakan botol semprot dengan air bersih dan menyemprot lantai untuk mengepel.

Penting juga untuk Kamu menemukan teknik mengepel yang terasa nyaman dilakukan dan sesuai dengan jenis lantai dapur di rumah.

Disadur dari kompas.com


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *