Tiap tahun ide desain interior berubah, menyesuaikan perkembangan zaman dan minat dari masyarakat itu sendiri. Harapannya dengan adanya desain interior yang baru dapat membawa semangat dan suasana yang menyenangkan di rumah pada tahun berikutnya.

Sejumlah ahli menyebutkan bahwa di tahun 2022 ini akan ada beberapa desain yang tidak lagi populer, dikutip dari Architectural Digest, Kamis (30/12/2021).

Rachel Bullock, Co-founder LAUN menyebutkan, peminat desain interior ruangan terbuka akan makin sedikit. Mengingat selama pandemi ini masyarakat banyak menghabiskan waktu di rumah, dengan begitu makin banyak yang sadar akan pentingnya ruangan terpisah. Ruangan yang berbeda memungkinkan setiap zona mempunyai karakternya masing-masing.

Sedangkan ruangan terbuka dan menjadi satu akan terasa terlalu luas dan tidak menyenangkan. Apalagi mengingat banyak meeting yang dilakukan secara online, pasti malah bikin susah fokus dan banyak gangguan. Beda dengan ruangan terpisah yang dapat menawarkan suasana menyenangkan dan lebih privasi.

“Tidak ada yang ingin bersain dengan Zoom di dapur atau ruang tamu atau ruang makan yang sama,” terang Bullock.

Selain itu, palet warna netral dan aman yang dalam beberapa tahun ini menjadi primadona akan mulai ditinggalkan dan berubah ke warna yang lebih berani dan cerah.

Lebih lanjut, Joy Moyler seorang desainer interior dari Joy Moyler Interiors menambahkan, di tahun 2022 perabotan dapur dan kamar mandi berwarna hitam juga akan mulai ditinggalkan.

Sementara itu, melansir artikel Kompas.com, Selasa (21/12/2021), terdapat sejumlah desain interior yang diprediksi akan meraih popularitasnya di tahun 2022 ini.

Yang pertama adalah desain interior dengan konsep sustainable atau berkelanjutan yang lebih ramah lingkungan.

Ben White seorang ahli desain dan perdagangan Swyft menyebutkan, adanya perubahan iklim yang ekstrem membuat gagasan desain sustainable hadir dalam ide desain interior rumah tahun 2022.

Para ahli pun juga sudah melihat adanya pergeseran kesadaran masyarakat yang lebih memilih menggunakan barang yang sudah ada ketimbang dengan membeli barang yang baru.

Tidak hanya itu, penelitian yang dilakukan oleh Pinterest juga memperlihatkan bahwa pencarian masyarakat terhadap desain interior bernuansa hijau juga telah mengalami peningkatan hingga sebesar 80 persen pada tahun 2021 kemarin.

Marianne Shillingford, Direktur Kreatif Dulux menyebutkan, setelah sekian lama terjebak dalam ruangan semasa pandemi, Dulux akan menghargai kembalinya kekuatan alam di bidang desain interior.

Disadur dari kompas.com





0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *