Wabah Covid-19 ini telah mendorong banyak orang untuk melakukan berbagai macam perubahan, tak terkecuali perubahan yang terkait dengan memilih rumah atau hunian.

Bambang Eka Jaya selaku Wakil Ketua Umum Real Estat Indonesia (REI) menyampaikan, di tahun ini terdapat sejumlah karakteristik hunian yang bakalan banyak peminatnya.

Di antaranya adalah satu, hunian yang memiliki banyak ruang terbuka atau ventilasi untuk menjamin terciptanya sirkulasi udara yang sehat di dalam rumah.

“Pandemi itu kan membuat masyarakat jadi semakin sadar akan kesehatan dan lingkungan. Salah satu konsep rumah yang juga menjadi perhatian para pengembang yaitu sirkulasi udara atau rumah yang banyak ruangan terbukanya atau ventilasi,” kata Bambang kepada Kompas.com, Selasa (04/01/2022).

Kedua, rumah yang memiliki keran pencuci tangan dan rak sepatu di depan area pintu masuk. Jadi, penghuni sudah dalam keadaan bersih dan steril sebelum memasuki rumah.

“Karenanya dibutuhkan keran pencuci tangan dan teknologi atau alat pembersih lainnya di luar rumah,” kata blio.

Ketiga, rumah yang memiliki teknologi smart home. Teknologi ini penting karena menawarkan kemudahan dan dapat meminimalisir sentuhan dengan barang-barang.

Keempat, rumah yang memiliki desain yang compact dan hemat energi.

“Bahkan, Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) sudah menjadi fasilitas yang disediakan pengembang terutama untuk rumah-rumah menengah ke atas,” ujar Bambang.

Sedangkan lokasi-lokasi yang menjadi idola dan incaran para pencari rumah antara lain berada di wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang, Depok, Bekasi (Jabodetabek).

Disadur dari kompas.com


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *