Ketika Kamu sedang mencari tempat tinggal, baik perumahan atau apartemen, hal penting yang harus Kamu perhatikan adalah latar belakang developer/pengembang. Apalagi kasus-kasus developer yang bermasalah dan tidak menepati janji ternyata juga tidak sedikit.

Karena itulah Dey maitra, seorang mantan CEO Indigo Properties sekaligus pendiri Savington International Insurance Brokers LLC Dey Maitra memberikan tips-tips yang harus Kamu perhatikan agar para pencari hunian seperti Kamu tidak salah memilih developer.

Dilansir dari Construction Week Online, Jumat (21/1/2022), berikut 6 langkah tepat memilih developer buat Kamu:

Kunjungi situs resmi dan lakukan pemeriksaan latar belakang pengembang

Pertama-tama mulailah dengan berkunjung ke situs resmi developer untuk mendapatkan informasi tentang sejarah perusahaan, mitra kerja, hingga proyek apa saja yang sudah atau sedang ditangani.

Selain dari situs resmi, Kamu juga bisa memeriksa latar belakang developer dari media sosial, dari media sosial, berita terbaru, kegiatan yang telah dilaksanakan, capaian serta promosi yang sedang dijalankan.

Pemeriksaan latar belakang secara online akan memberikan akses kepada berbagai forum pembeli lain yang membicarakan tentang pengembang dan proyek yang dilaksanakan.

Survei proyek yang telah rampung

Langkah selanjutnya adalah dengan mensurvei ke proyek developer yang sudah selesai. Dengan survei ini Kamu bisa mendapatkan banyak hal, mulai dari kualitas pembuatan dan penyelesaian, perencanaan tata letak, daya tahan bangunan dan pemeliharaan yang dilakukan.

Dengan melihat secara langsung, Kamu akan mendapatkan keyakinan lebih untuk memutuskan membeli atau tidak.

Berbicara dengan konsumen lain

Cobalah Kamu untuk mengobrol santai dengan pemilik properti yang telah membeli proyek developer sebelumnya. Ini juga merupakan langkah yang cepat untuk dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan developer. Informasi yang Kamu dapatkan dari pemilik lain bisa dianggap sebagai hal yang tidak bias.

Hal-hal yang bisa Kamu tanyakan di antaranya adalah mengenai kemudahan dan hasil sewa, tingkat kepuasan konsumen, kualitas produk, soal parkir,  kelebihan pengembang dan standar layanan, hambatan yang ditemukan, serta aspek-aspek lainnya.

Survei pusat penjualan pengembang

Kunjungan pusat penjualan developer bisa mengungkapkan banyak hal tentang cara kerja developer. Kamu bisa bertemu dengan perwakilan penjualan untuk memperjelas semua keraguan dan pertanyaan yang ada.

Biasanya developer profesional tidak hanya menjawab pertanyaan yang diajukan, tetapi juga akan memandumu terkait masalah hukum, keuangan dan asuransi.

Fasilitas hipotek

Developer yang berpengalaman akan selalu memiliki hubungan kerjasama dengan bank-bank besar guna memberikan dukungan pada permasalahan keuangan pembeli.

Maka dari itu, penting untuk mengetahui mitra yang dimiliki developer dengan lembaga keuangan untuk mempermudah transaksi Kamu.

Harga, paket dan penawaran lain

Cobalah untuk menganalisis harga yang ditawarkan, apakah harganya sesuai dengan nilai produk yang ditawarkan atau tidak.

Selain itu, ketahui juga apakah properti yang dijual sudah include dengan peralatan rumah tangga hingga bagaimana rencana pembayaran yang ditawarkan, apakah sudah cocok dengan arus kas yang dimiliki.

Periksa juga apakah developer memiliki perusahaan manajemen fasilitas yang baik untuk proyek yang telah selesai digarap. Pastikan semua pertanyaan dan keraguanmu telah terjawab sebelum Kamu memutuskan untuk membeli hunian.

Disadur dari kompas.com


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *