Tidak jarang Kamu akan menemukan tikus yang berkeliaran di sekitaran rumah ketika musim hujan tiba. Tidak cuma mengganggu, tapi hewan pengerat ini juga dapat menyebarkan penyakit bagi Kamu dan keluargamu, karena itu lah tikus harus dibasmi.

Cara yang biasa dilakukan untuk membasmi tikus adalah dengan memasang jebakan tikus atau racun di sekitaran rumah. Tidak sedikit pula orang-orang yang menggunakan produk pembasmi tikus karena memang mudah didapatkan.

Namun, terkadang produk-produk pembasmi tikus yang beredar di pasaran tidak mempan mengusir hewan yang hidup di selokan ini.

Karena itulah, sebenarnya Kamu bisa membuat racun tikus sendiri yang lebih efektif dalam mengusir hewan pengerat ini.

Dilansir dari The Family Homestead, berikut ini bahan-bahan alami yang bisa Kamu gunakan sebagai racun tikus:

1. Peppermint

Peppermint diyakini dapat membasmi tikus yang berkeliaran di rumah. Bagi tikus, peppermint dapat bekerja sebagai racun dan mampu mengecilkan paru-paru mereka. Kamu cukup meletakkannya di sekitaran tempat biasa mereka masuk.

2. Selai kacang

Siapa sangka jika selai kacang yang biasa Kamu gunakan sebagai olesan roti ternyata bisa bikin tikus terkapar. Caranya adalah Kamu cukup campurkan dengan sedikit soda kue. Jangan lupa untuk meletakkannya di tempat yang biasa dilalui tikus di sekitar rumah.

3. Formula gula

Jika Kamu merasa eman-eman menggunakan selai kacang, Kamu bisa menggunakan cara lain yaitu dengan campuran formula gula. Formula gula ini terbuat dari baking soda atau soda kue, gula, tepung terigu, serta air.

Kamu cukup mencampurkan seluruh bahan dan meletakkannya di area yang akan dijangkau tikus. Nantinya mereka akan pergi dalam waktu singkat.

4. Kapsul vitamin D

Vitamin D memang baik untuk manusia, tetapi ternyata bisa berakibat fatal bagi tikus karena vitamin D akan membuat hati mereka berkapur. Caranya, hancurkan vitamin D dan bentuk seperti bola dan tambahkan selai kacang.

Mungkin proses ini memakan waktu, jadi Kamu harus menunggu beberapa hari untuk melihat perbedaan dalam jumlah tikus yang berkeliaran di rumah.

5. Asam borat dan kaldu ayam

Ini adalah salah satu resep racun tikus yang terbaik dan paling efektif, serta tidak makan banyak waktu untuk meraciknya. Campurkan asam borat dengan kaldu ayam bubuk, kemudian letakkan di tempat yang biasa dilalui tikus-tikus di rumah.

Disadur dari kompas.com




0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *