Bau bangkai tikus di dalam rumah tentu amat sangat tidak mengenakkan. Bisa jadi Kamu mengabaikannya begitu saja, tapi kan lama-lama juga mengganggu.

Bau bangkai tikus ini bisa muncul karena adanya campuran bahan kimia yang diproduksi ketika tubuh membusuk, termasuk di antaranya metana dan sulfur dioksida.

Memang, jika bangkainya telah kering baunya akan hilang sendiri. Tetapi, makin besar tikusnya makin lama keringnya. Ditambah lagi faktor kelembapan ruangan yang tentunya mempengaruhi pembusukan bangkai dan merebaknya bau yang tidak sedap.

Kita ada nih cara-cara menghilangkan bau bangkai tikus di rumah yang bisa Kamu coba, cekidot skuy!

Temukan Lokasi Bangkai Tikus

Jika Kamu tiba-tiba mencium bau bangkai tikus, segera cari lokasinya. Caranya mudah, yaitu dengan mencari lalat, belatung, atau serangga lain yang erat kaitannya pada bangkai hewan.

Biasanya, serangga akan berkerumun di lokasi bangkai tikus. Tetapi, Kamu juga harus mengoptimalkan indera penciuman untuk bisa menemukan bangkainya.

Singkirkan Bangkai Tikus

Menyingkirkan bangkai tikus dan menyediakan ventilasi pada area tersebut adalah cara yang paling cepat untuk menghilangkan baunya yang tidak mengenakkan. Ventilasi yang dimaksud bisa dengan membuka semua jendela atau menyalakan kipas angin.

Oh ya, jangan lupa gunakan sarung tangan dan masker ketika menyingkirkan bangkainya, safety first. Kemudian bersihkan bekasnya dengan cairan pemutih dan air atau disinfektan lainnya. Sikat dan bersihkan semua kuman dan bakteri yang menempel.

Semisal bangkainya sulit dijangkau, Kamu bisa saja mendiamkannya saja. Cukup oleskan bahan kimia, bubuk kopi atau penghilang bau lainnya sambil menunggu bangkai tersebut kering dengan sendirinya. Oh ya, Kamu juga bisa memberikan ventilasi agar prosesnya lebih cepat.

Cegah Tikus Masuki Rumah

Dari cara-cara di atas, cara yang terbaik tentunya adalah mencegah tikus masuk rumah, kan pencegahan lebih baik dari pengobatan. Dalam konteks ini bukan pengobatan sih, tapi pembersihan, hehe.

Cara mencegahnya bisa Kamu lakukan dengan bahan-bahan alami yang mengusir. Opsi lainnya adalah dengan menggunakan jebakan tikus. Setelah itu Kamu bisa memberinya umpan racun dan kemudian membuangnya.

Sejatinya hal ini sudah cukup lebih baik daripada hanya sekadar menggunakan racun. Karena akan membuat tikus mati di lokasi yang tidak dapat diprediksi.

Disadur dari kompas.com


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *