Sebelum membeli apartemen ada baiknya Kamu pahami dulu macam-macam tipe apartemen. Mengingat banyak hal yang harus Kamu pertimbangkan, mulai dari harga, lokasi, sampai bentuk interior ruangan. Pasalnya, semua orang pasti punya kebutuhannya masing-masing.

Sebagai pengetahuan dasar, berikut adalah beragam tipe apartemen berdasarkan bentuk ruangan yang umumnya beredar di pasaran.

Studio

Apartemen ini memiliki satu ruangan dan satu kamar mandi. Memiliki denah lantai terbuka yang menggabungkan ruang tamu, kamar tidur, dan ruang makan dalam satu ruangan.

Yang menempati apartemen tipe ini biasanya adalah seorang individu atau pasangan. Minim privasi, tetapi Kamu dan pasangan bisa fleksibel untuk mendekorasi dan menata ruangnya.

Convertible

Tipe convertible merupakan variasi lain dari studio,hanya saja tipe ini memiliki ruangan lebih besar untuk memisahkan ruangan ataupun membuat kamar tidur tambahan.

Baik itu dengan menambahkan dinding atau dengan partisi berupa lemari, tirai, rak, atau pembatas ruangan lainnya.

Memang membuat keseluruhan apartemen menjadi terasa lebih kecil, tetapi dapat memisahkan antara ruang tamu dan kamar tidur. Walaupun menawarkan banyak privasi, tetapi untuk penambahannya tentu membutuhkan biaya berlebih.

Alcove

Tipe ini merupakan apartemen studio yang memiliki dinding parsial atau tata letak yang menawarkan sudut terpisah untuk kamar tidur.

Secara teknis memang masih satu ruangan, tetapi dengan adanya partisi atau pembatas ruangan yang menyerupai huruf L menawarkan lebih banyak privasi.

Namun, hal itu juga membatasi kemungkinan untuk menata ulang lantaran tempat tidur dimaksudkan untuk ditempatkan di tempat tertentu.

Junior 1 Bedroom

Tipe ini merupakan pengembangan kecil di atas apartemen studio, ukuran tipe ini antara mungil dan sedang. Tipe ini memiliki ruangan satu kamar tidur yang terpisah dari ruang tamu.

Biasanya luas kamar tidur 3/4 dari ukuran ruangan. Di sisi lain, bila dilihat berdasarkan ruangan, terdapat pula tipe apartemen 2 Bedroom yang mempunyai dua kamar tidur.

Loft

Tipe yang juga biasa dikenal dengan sebutan apartemen loteng ini memiliki satu kamar dan denah tata ruang terbuka. Berbeda dengan studio, langit-langit apartemen ini besar dan jendelanya juga berukuran besar.

Apartemen tipe ini biasanya ditemukan di gedung-gedung yang tadinya komersial yang kemudian diubah menjadi tempat tinggal.

Beberapa loteng besar juga bisa diubah agar dapat memiliki ruang tidur terpisah (atau beberapa) tetapi karena langit-langit yang sangat tinggi biasanya dilakukan tanpa dinding.

Garden

Apartemen ini merupakan apartemen lantai dasar atau bawah tanah yang memiliki akses ke ruang luar yang bersifat pribadi untuk unit. Walaupun memiliki ruang luar tersendiri, apartemen tipe ini terkadang bermasalah dengan keamanan rumah, kelembapan, dan hama.

Duplex dan Triplex

Apartemen ini memiliki lebih dari satu unit ruangan. Seperti namanya, Duplex memiliki 2 unit sedangkan Triplex memiliki 3 unit. Setiap unitnya bisa berdampingan baik secara horizontal maupun secara vertikal.

Semisal bentuknya vertikal atau bertingkat, biasanya lantai 2 dan 3 berfungsi sebagai kamar tidur. Apartemen tipe ini juga memiliki pintu masuk masing-masing untuk setiap unitnya. Pas banget buat Kamu yang sudah berkeluarga.

Penthouse

Apartemen tipe ini berada di lantai atas sebuah bangunan. Biasanya berkaitan dengan akomodasi mewah dengan biaya sewa tinggi.

Sejumlah penthouse memiliki lift pribadi yang terpisah dari bangunan lainnya yang terbuka langsung ke apartemen. Jika Kamu tinggal di penthouse, tentu Kamu akan dimanjakan dengan pemandangan indah dari ketinggian setiap harinya.

Disadur dari kompas.com


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *