Dehumidifier merupakan sebuah alat untuk mengurangi dan mengatur tingkat kelembapan udara, menghilangkan bau apek serta mencegah pertumbuhan jamur di rumah. Belakangan ini penggunaan dehumidifier sebagai elemen tambahan di rumah makin populer.

Ngomong-ngomong soal kelembapan udara, kelembapan udara di rumah itu penting lho! Tetapi porsinya harus pas. Pasalnya, tingkat kelembapan udara yang terlalu tinggi tidak bagus karena akan memicu tumbuhnya jamur dan lumut.

Sedangkan kelembapan udara yang terlalu rendah juga tidak bagus karena bisa bikin sejumlah masalah ketidaknyamanan seperti retakan pada furnitur kayu hingga bisa membuat kulit Kita kering.  

Lalu pertanyaannya, kapan dehumidifier perlu Kita gunakan ?

Mengutip The Spruce, Kamis (17/2/2022), kelembapan udara bukan hal yang bisa dihindari tetapi bisa Kita deteksi. Tanda-tandanya seperti terjadinya kondensasi pada kaca jendela atau munculnya kabut yang merupakan ciri khas terlalu banyak uap air dalam ruangan.

Uap air yang menumpuk di ambang jendela memungkinkan pertumbuhan jamur di jendela dan berpotensi merusak selubung kayu. Muncul bintik jamur di langit-langit atau di sudut dinding rumah juga merupakan sebuah pertanda.

Masalah ini kerap kali timbul di kamar mandi lantaran uap air dalam jumlah banyak yang naik, Apalagi jika di kamar mandi tidak tersedia exhaust fan untuk sirkulasi.

Perlu diketahui, jamur akan mudah tumbuh pada dinding, langit-langit, di sekitar toilet atau di belakang bak mandi dan pancuran.

Tidak hanya itu saja, tanda dehumidifier dibutuhkan di rumah bisa juga dari munculnya bau apek. Bau apek biasanya berasal dari ruang cuci, garasi, atau ruang bawah tanah.

Jika berasal dari ruang cuci, kemungkinan penyebabnya terdapat di mesin cuci berefisiensi tinggi (HE) atau mesin cuci bukaan depan yang lebih cenderung memiliki masalah jamur.

Selain itu, bisa juga disebabkan karena ventilasi eksterior yang tersumbat atau filter pengering interior yang terkena serat. Akibatnya, udara lembap dari dalam pengering mesin cuci terperangkap karena tak ada aliran udara jernih karena terhalang.

Solusinya dari masalah tersebut adalah dengan menciptakan sirkulasi udara yang baik ke dalam ruangan dengan membuka ventilasi atau menggunakan dehumidifier untuk mengatur kelembapan.

Tingkat kelembapan udara di dalam rumah juga bisa dihitung menggunakan higrometer atau instrumen yang berguna untuk mengontrol kelembapan di rumah.

Sedangkan jamur pada dinding, disarankan untuk memilih cat yang telah diformulasikan khusus untuk menahan pertumbuhan jamur.

Disadur dari kompas.com


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *