Nyamuk merupakan serangga yang dapat mendatangkan penyakit, karena itulah nyamuk harus dibasmi. Membasmi atau mengusir nyamuk sebenarnya cukup mudah, cukup dengan menggunakan lotion anti nyamuk atau menyemprotkan bahan kimia anti nyamuk maka masalah beres.

Namun, jika digunakan setiap hari tentu hal ini bisa berbahaya. Terlebih lagi jika Kamu sudah berkeluarga atau memiliki hewan peliharaan.

Tapi jangan khawatir, ada cara alami yang bisa Kamu lakukan untuk mengusir nyamuk. Salah satunya dengan menanam tanaman di sekitar rumah.

Nah, tanaman apa aja sih yang ampuh mengusir nyamuk ? Untuk lebih jelasnya, cek ulasan berikut ini.

1. Lavender

Semua orang juga sudah tahu bahwa lavender adalah tanaman yang ampuh mengusir nyamuk. Menghasilkan minyak esensial serta mengeluarkan aroma menenangkan yang sangat dibenci nyamuk.

Buat Kamu yang ingin menanam lavender, letakkan tanaman ini di depan rumah, atau di area jendela kamar supaya nyamuk tidak mau masuk ke rumah.

Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik di lokasi dengan sinar matahari penuh dan drainase cukup serta sangat tahan terhadap kekeringan.

2. Serai

Serai atau citronella merupakan tanaman pengusir nyamuk terbaik nomor wahid. Bahkan, tanaman serai sering digunakan sebagai bahan alami semprotan pengusir nyamuk yang dijual di pasaran.

Ternyata, nyamuk tidak menyukai aroma harum dan segar dari serai. Kamu bisa menanam serai, selanjutnya meletakkannya di dalam ruangan dengan tambahan secangkir air agar nyamuk semakin enggan masuk ke dalam rumah.

3. Mint

Daun mint biasa digunakan sebagai hiasan pada minuman teh atau koktail, tetapi ternyata tanaman ini juga bisa digunakan untuk mengusir nyamuk. Tidak hanya nyamuk, serangga lain seperti lalat dan semut juga bisa diatasi dengan daun mint.

Dalam penerapannya, Kamu bisa menggunakan mint dalam diffuser atau membuat semprotan layaknya obat anti nyamuk.

4. Catnip

Bunga catnip dapat mencegah nyamuk dan hama lainnya masuk ke dalam rumah. Jika Kamu memiliki hewan peliharaan terutama kucing, sebaiknya Kamu menanamnya di tempat yang jauh dari jangkauan mereka. Karena termasuk dalam keluarga mint, aroma bunga catnip ini bisa menyebar dengan cepat dan mudah menjadi invasif.

5. Sage

Tanaman herbal asli yang berasal dari pantai utara Mediterania ini kerap digunakan sebagai obat. Jika Kamu hendak menggunakan daun sage ini sebagai pembasmi nyamuk, hendaklah Kamu menanamnya di sekitar halaman rumah.

Atau Kamu juga bisa mengeringkannya lebih dulu, kemudian menggunakannya untuk membuat semprotan serangga sendiri.

6. Kemangi

Tahu gak sih, ternyata daun kemangi tak cuma bisa digunakan sebagai lalapan, tapi juga bisa dimanfaatkan untuk mengusir serangga seperti nyamuk dan lalat.

Kamu cukup meletakkannya di pot atau langsung menyemainya di kebun. Ingat, kemangi membutuhkan tempat lembap, sinar matahari yang cukup, serta sistem drainase yang agar bisa tumbuh subur.

Disadur dari kompas.com


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *