Lama-kelamaan warna cat rumah akan pudar, kusam, dan kelihatan kotor dengan sendirinya. Solusinya adalah dengan mengecat ulang rumah supaya tampak lebih fresh dan bahkan bisa untuk memberikan nuansa tampilan yang berbeda.

Momen yang pas untuk mengecat ulang adalah ketika menjelang lebaran. Bukan tanpa alasan, selain menjadi momen untuk berkumpul bersama keluarga, Idul Fitri juga merupakan momen yang identik dengan sesuatu yang baru.

Buat Kamu yang mau mengecat kembali dinding rumah, berikut caranya:

1. Siapkan peralatan

Hal pertama yang harus Kamu lakukan tentunya adalah menyiapkan peralatan mengecat. Alat-alat yang dibutuhkan di antaranya adalah cat tembok berkualitas, kuas, bak cat, rol cat, kain bersih, terpal, thinner, dan masking tape.

2. Gelar terpal

Selanjutnya, Kamu menggelar terpal di area pengecatan dan meletakkan semua peralatan cat tersebut di atas terpal. Ini penting dilakukan agar bagian lain seperti lantai keramik, hingga furnitur tidak terkena cat.

3. Gunakan masking tape

Semisal ada bagian tembok yang tidak ingin Kamu cat ulang, Kamu bisa menggunakan masking tape untuk menjadi pembatas agar cat tidak mbleber ke tembok sebelah. Dengan begitu hasilnya akan jadi lebih rapi.

4. Siapkan cat

Buka kaleng cat dan campurkan dengan air sekitar 15 hingga 20 persen dari total volume cat. Misal, jika Kamu menggunakan cat ukuran 5 liter, maka tambahkan kurang lebih 750 mililiter sampai satu liter air.

Kemudian, tuangkanlah cat secukupnya ke dalam bak cat (ingat, hanya dituangkan pada bagian bak cat yang lebih dalam).

Masukkan rol cat ke bak cat dan tarik rol cat ke bagian belakang bak cat beberapa kali. Cara ini berguna supaya cat meresap ke rol cat dan tidak menetes ketika diangkat.

5. Mulailah pengecatan

Mulailah mengecat area dinding paling atas secara perlahan menggunakan rol cat, lalu turun perlahan ke bawah.

Dalam pengecatan Kamu tidak perlu terlalu menekannya, santai aja gak usah ngoyo, toh nanti juga Kamu akan kembali melakukan pengecatan yang kedua. Hal ini bertujuan agar hasilnya lebih optimal dan merata.

6. Pakai kuas untuk area yang sulit dijangkau

Kamu bisa menggunakan kuas untuk mengecat area yang sulit dijangkau. Tentunya kuas digunakan setelah seluruh permukaan tembok telah dicat dengan rol cat. Selain itu, kuas juga bisa digunakan untuk meratakan cat yang terlalu tebal.

7. Keringkan dinding

Setelah pengecatan, diamkan tembok selama beberapa jam sampai kering. Baru setelah kering Kamu bisa melakukan pengecatan untuk kedua kalinya. Setelah selesai dan kering, lepaskan masking tape dan bersihkan area yang kotor terciprat cat dengan menggunakan thinner atau peralatan lainnya.

Disadur dari kompas.com





0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *