Menyewa rumah bareng teman-teman cocok buat Kamu para pelajar atau pekerja yang masih sendiri alias jomblo. Daripada ngekos, mending ngontrak bareng temen-temen, kan lebih seru.

Agar ngontrak bareng temen-temen makin seru, berikut adalah panduan menyewa/mengontrak rumah yang pentung untuk Kamu dan teman-temanmu mengingatnya.

1) Jumlah Kamar yang Sesuai

Pastikan jumlah kamar rumah yang Kamu sewa sesuai dengan jumlah penghuni kontrakan. Ini demi kenyamanan bersama. Pasalnya, walaupun tinggal bareng teman itu asyik, tetap saja setiap orang membutuhkan me time, jadi paling pas memang setiap orang punya kamarnya masing-masing.

2) Pilih Desain yang Aman,

Setiap orang pasti punya seleranya masing-masing, baik itu soal makanan, musik, dan tak terkecuali soal urusan dekorasi rumah.

Urusan dekorasi rumah mending pilih desain yang aman dan netral, seperti penggunaan warna monokrom untuk karpet atau tempat duduk lainnya biar semua orang merasa nyaman.

3) Minimalkan Sofa

Soal furnitur, biasanya Kamu dan teman-temanmu akan menyumbangkannya sesuai dengan kemampuan. Yang harus diingat adalah hindari furnitur yang sering dipakai tapi sulit atau jarang dibersihkan.

Contohnya sofa atau kulkas, furnitur ini bisa menyebabkan perselisihan jika tidak dirawat dengan baik dan ketika tiba saatnya untuk mengambil kembali furnitur ini.

4) Atur keuangan Anda sedetail mungkin

Salah satu hal yang tidak boleh luput dari perhatian adalah soal bujet pribadi. Hidup terpisah dari orang tua akan menyadarkanmu ketika nantinya Kamu memiliki rumah sendiri. Prioritaskan pembayaran sewa dan bikin kesepakatan dengan teman soal biaya hidup sehari-hari.

5) Buat Jadwal Penyesuaian

Kebersihan wajib dijaga, karena hidup bersama orang lain maka kebersihan harus dijaga bersama-sama. Cobalah untuk membuat jadwal untuk bersih-bersih atau membenahi rumah bersama atau bergiliran dengan teman-teman yang lain untuk memastikan rumah dibersihkan secara rutin.

6) Waktu Kunjungan Terbatas

Bikin aturan soal tamu yang menginap. Pasalnya, tamu yang menginap ini akan menambah biaya operasional lantaran tamu ini juga akan menggunakan air, listrik, dan peralatan lain di rumah.

Disadur dari rumah.com


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *