Ada perbedaan antara menyewa rumah dengan menyewa apartemen. Jika Kamu lebih suka menyewa apartemen, pastikan Kamu paham akan hal-hal berikut ini sebelum Kamu meneken kontrak.

1) Tidak Dapat Mengganti Cat Dinding

Bisa jadi hal ini tidak banyak diketahui orang, kebanyakan apartemen memiliki aturan bahwa apartemen dikembalikan ke kondisi normal pada saat waktu sewa sudah selesai. Karena itu, yang paling baik Kamu lakukan adalah tidak memilih dekorasi permanen. Cari aman gitu lah ya.

2) Mengelola Tanaman dan Limbah

Biasanya apartemen tidak punya lahan untuk tanaman, tapi jika ingin berkebun Kamu bisa memanfaat balkon dan membuat taman vertikal.

Sedangkan untuk urusan sampah, pihak apartemen biasanya sudah menyediakan tempat sampah umum untuk para penghuni apartemen.

3) Ketahui Fasilitas yang Diperoleh

Cari tahu fasilitas apa saja yang bakal Kamu peroleh sebagai penghuni apartemen. Mayoritas apartemen memiliki fasilitas tambahan seperti gym, kolam renang, layanan binatu , dan lain sebagainya. Eits jangan lupa, cari tahu juga apakah penggunaan fasilitas ini akan dikenakan biaya tambahan atau tidak.

4) Area Parkir

Biasanya pihak apartemen hanya menyediakan satu slot parkir untuk setiap jenis kendaraan. Coba cari tahu apakah fasilitas parkir untuk penghuni gratis atau dikenakan tarif tambahan. Jika berbayar, cobalah untuk berlangganan setiap bulan. Segera daftarkan diri Kamu ke pihak pengelola parkir.

5) Sesuaikan Anggaran

Soal keuangan jangan sampai teledor, harus dihitung dengan cermat. Jangan sampai menyewa apartemen di luar kemampuan hanya karena kepengen tinggal di apartemen yang lebih mewah, bisa rugi bandar nanti. Pastikan pula uang yang Kamu gelontorkan sepadan dengan fasilitas yang Kamu dapatkan.

Disadur dari rumah.com


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *