Perawatan Rumah

Setelah pandemi berjalan selama kurang lebih 2 tahun, rasa-rasanya barang-barang di rumah semakin banyak. Padahal gak semua barang-barang tersebut diperlukan dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan menyimpan barang ini kerap disebut dengan istilah clutter atau hoarding. Perilaku menimbun barang-barang yang tak diperlukan lantaran berbagai macam alasan, seperti untuk berjaga-jaga bila dibutuhkan di masa depan atau sekedar sayang aja untuk dibuang.

Perilaku seperti ini malah tidak bagus untuk kenyamanan dan kesehatan para penghuni rumah. Rumah akan terasa makin sempit, sesak, berdebu, dan lain sebagainya. Tentu hal ini bakalan berdampak pada kualitas udara dan kesehatan penghuni rumah.

Salah satu solusinya adalah dengan melakukan decluttering. Mengutip The Spruce, decluttering merupakan kegiatan bersih-bersih secara masif dengan menyingkirkan atau membuang barang-barang yang tidak digunakan atau diperlukan. Hanya saja, tak sedikit orang yang mengalami kesulitan untuk melakukan proses ini.

Mayoritas dari mereka tak bersedia mengurangi barang-barangnya lantaran memiliki keterikatan emosional dengan barang tersebut, sayang akan uangnya yang sudah dikeluarkan dan rasa bersalah jika membuangnya.

Selama Kamu bisa mengatasi hal ini dan mantap akan keputusan untuk menyingkirkan barang tersebut, maka Kamu akan lebih mudah dalam melakukan decluttering.

Jika masih terasa sulit, Kamu bisa menanyakan kepada dirimu beberapa pertanyaan ini:

  • Apakah benda ini masih berguna?
  • Apakah benda ini memiliki nilai estetika?
  • Jika benda ini rusak, apakah Kamu bersedia untuk memperbaikinya saat itu juga?
  • Apakah Kamu merasa bersalah membuang atau menyumbangkan benda ini?
  • Jika iya, kenapa?
  • Apakah benda ini mudah dirawat dan hanya perlu disimpan dengan baik?

Biasanya Kamu akan lebih mudah mengambil keputusan setelah menjawab beberapa pertanyaan di atas. Setelah memutuskan, sekarang tinggal memilih bagaimana Kamu akan menyortir benda-benda tersebut.

Kamu bisa memilih untuk menyimpan, memperbaiki, mendaur ulang, menyumbangkan, atau membuang barang-barang yang Kamu miliki.

Ingat, decluttering bukan sekadar kegiatan membuang dan menyingkirkan barang-barang di rumah, tetapi juga menciptakan suasana rumah yang nyaman dengan barang-barang minim sesuai dengan kebutuhan. Kegiatan ini juga dapat membantumy untuk berhenti konsumsi berlebihan serta menghemat uang.

Disadur dari kompas.com

Leave A Reply