Boleh Gak Sih Ngebersihin Kaca Jendela Pas Lagi Hujan?

Lu pasti pernah denger kalo bersihin jendela pas hujan itu percuma. Soalnya, abis dibersihin, pas hujan lagi, jendelanya bakal tambah kotor dari sebelumnya. Tapi gimana kalo lagi musim hujan atau lu tinggal di daerah yang sering hujan sepanjang tahun? Kalo gitu keadaannya, lu bakal jarang punya kesempatan buat bersihin jendela rumah. Padahal, kaca jendela sebenernya dirancang buat bisa dibersihin kapan aja, termasuk pas hujan. Sayangnya, kalo ada benda asing kayak serbuk sari, debu, atau kotoran burung nempel di jendela yang basah, permukaannya bakal makin kotor. Jadi, ngehindarin bersihin jendela pas hujan malah bikin jendelanya tambah kotor dalam jangka panjang. Soalnya,… Continue Reading

Penyebab dan Solusi buat Lantai Rumah yang Menggelembung

Lantai rumah yang menggelembung atau terangkat pasti bikin kaget pemilik rumah. Pasang keramik, kan, harapannya interior rumah bakal oke-oke aja selama ditinggali. Tapi, sering kejadian permukaan lantai keramik jadi nggak rata, bikin resah dan banyak pertanyaan. Sebenarnya, apa sih penyebab lantai rumah bisa menggelembung dan gimana cara ngatasinnya? Penyebab lantai rumah menggelembung Dalam ilmu bangunan, kejadian lantai keramik yang menggelembung itu disebut popping. Sekjen Ikatan Arsitek Indonesia periode 2018-2021, Ariko Andikabina, bilang kalau popping itu kondisi di mana lantai menggelembung karena ada udara yang kejebak di bawah ubin. Terangkatnya keramik biasanya disebabkan oleh pemuaian pada keramik yang udah terpasang. "Volume… Continue Reading

Begini Caranya Merawat 3 Area Penting di Rumah Secara Berkala

Rumah sekarang gak cuma jadi tempat tinggal buat keluarga, tapi juga investasi masa depan yang oke banget. Menurut situs NAHP Kementerian PUPR, setiap pemilik rumah disaranin buat merawat rumahnya dengan baik biar bangunannya bisa tahan lama. Gak cuma bikin hemat pengeluaran, rumah yang kondisinya bagus bisa punya nilai lebih tinggi dari standar kelayakan. Salah satu perawatan rumah yang penting adalah perawatan rutin. Perawatan rutin ini harus dilakukan setiap hari, terutama buat area rumah yang sering dipake dan dilalui orang, kayak lantai rumah, kamar mandi, dan dapur. Area ini harus selalu bersih karena jadi faktor penilaian apakah rumah layak huni atau… Continue Reading

Begini Caranya Membersihkan Lantai Beton di Rumah yang Tepat

Dalam beberapa tahun terakhir, lantai beton jadi pilihan yang makin hits di kalangan warga. Keunggulan lantai beton tuh ada di biaya yang murah, tahan lama, dan gampang dibersihin dibanding lantai kayu. Tapi, lantai beton tetep butuh perawatan rutin supaya tetep bersih dan bagus kondisinya selama bertahun-tahun. Meskipun ada beberapa jenis lantai beton di dalam ruangan, semuanya bisa dibersihin pake metode yang sama. Pertama-tama, bersihin debu di lantai pake sapu. Perhatiin banget sudut dan pinggiran lantainya. Kalo udah disapu, bisa juga dibersihin lagi pake penyedot debu yang punya sikat lembut. Penting banget pake penyedot debu yang lembut biar lantainya ga kegores.… Continue Reading

Tips & Trik Renovasi Rumah yang Hemat Biaya

Mau nge-renov rumah? Nah, kalo lagi mau ngerenovasi rumah buat bikin hunian makin kece, bisa banget, kok. Tapi, banyak pemilik rumah yang merasa susah ngerenovasi karena budgetnya pas-pasan. Padahal, kalo direncanain dengan baik, renovasi rumah bisa dilakuin tanpa perlu ngabisin banyak duit. Ada banyak trik renovasi rumah hemat yang bisa jadi panduan buat kamu tanpa harus ngerusak kualitas material dan tampilan rumahmu. Nah, berikut ini beberapa trik renovasi rumah hemat biaya yang bisa kamu coba. Rencana Renovasi yang Matang Soal Budget Bikin anggaran yang realistis. Realistis di sini artinya disesuaiin sama kemampuan duit kamu. Memang, boleh aja punya keinginan interior… Continue Reading