Perawatan Rumah

Kamu bisa membuat tempat tinggalmu menjadi tampak lebih hidup dengan kebun atau tanaman di sekitar halaman rumah. Hanya saja, tak semua rumah memiliki ruang lebih yang bisa dimanfaatkan sebagai kebun. Tapi tenang saja, kalau Kamu ingin berkebun tapi lahannya terbatas, Kamu bisa mencoba vertical garden atau kebun vertikal.

Sesuai dengan namanya, taman ini memiliki tata letak vertikal atau dari atas ke bawah sehingga bisa menghemat tempat. Dengan cara ini Kamu bisa berkebun meski lahan yang tersedia terbatas.

Kamu bisa menempatkan kebun ini pada sisi dinding, menggunakan rak, atau menggantungnya pada langit-langit ruangan. Vertical garden bisa diterapkan baik di dalam maupun di luar ruangan, tergantung kebutuhan tanaman akan perawatan dan sinar matahari yang dibutuhkan.

Tapi ingat, vertical garden tidak bisa diterapkan untuk tanaman-tanaman besar. Yakali ngegantung pohon mangga di rumah.

Jenis taman ini merupakan alternatif taman konvensional dengan memodifikasi tata letaknya. Kamu membutuhkan pot atau tempat untuk menampung tanah agar tanaman bisa tumbuh. Ingat, beban yang berlebihan bisa menjadi kendala dalam penyusunan vertical garden.

Jika tertarik dengan konsep ini, belilah rak yang dapat menampung pot tanaman. Kamu bisa membeli rak ini secara langsung dan dapat langsung memasangnya di sisi tembok rumah.

Jika Kamu gak pengen bikin vertical garden yang digantung, Kamu bisa pakai perabot berbentuk rak lemari dengan bolongan di sepanjang papannya. Nah, Kamu tinggal menempatkan pot yang ukurannya sesuai.

Jika ruangan terasa kosong dan Kamu ingin menggantungkan ornamen, maka vertical garden juga bisa menjadi solusi. Kamu bisa menggantungkan pot-pot kecil dengan tali dari langit-langit ruangan.

Melansir Garden Benches, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika membuat vertical garden, antara lain ialah pemilihan material taman, lokasi penempatan, pilihan tanaman, serta perawatannya.

Pilihlah material yang ringan dan gampang dipindahkan, hal ini berkaitan dengan pemilihan pot tanaman. Gunakan pot yang gampang dipindahkan apabila sewaktu-waktu tanaman butuh mendapatkan perawatan ekstra.

Kemudian, pilih lokasi vertical garden yang sesuai dengan kebutuhan tanaman. Tanaman yang memerlukan banyak cahaya matahari lebih baik ditempatkan di dekat jendela atau balkon. Jika hendak menggantung pot, pastikan struktur dinding dan langit-langit cukup kuat menampung beban.  

Hal terakhir yang perlu diperhatikan adalah pemilihan tanaman. Jangan pilih tanaman yang bisa tumbuh besar dan sulit dirawat. Pasalnya, perawatan tanaman juga turut memberikan andil dalam kenyamanan Kamu dalam berkebun.

Solusi lainnya jika ingin berkebun di ruang yang terbatas selain vertical garden adalah dengan menanam di pot-pot kecil di dalam ruangan dan memanfaatkan balkon rumah

Disadur dari kompas.com

Leave A Reply