Bakpia Kukus Tugu Jogja jadi andalan oleh-oleh favorit para pengunjung Kota Pelajar. Berdiri dari 2017, Bakpia Kukus Tugu Jogja punya konsep yang beda dari bakpia biasanya.

Bakpia Kukus Tugu Jogja punya bentuk bundar dengan rasa yang mirip bolu lembut, plus berbagai macam isian. Bedanya sama bakpia biasa adalah strukturnya yang tipis dengan beberapa lapisan yang diisi dengan berbagai macam isian.

Ketika ditemui sama Kompas.com di Yogyakarta, Senior Brand Manager Bakpia Kukus Tugu Jogja, Nurul Akbar bilang, produknya tuh bentuk inovasi biar lebih cocok dengan selera pasar, baik lokal maupun internasional.

“Dari awal, bakpia kukus ini di-launching, kita memang sudah beberapa kali menerima feedback seperti itu. Tapi kita menjawab demand yang baru di mana inovasi itu awalnya dari research kita, masyarakat ingin bakpia jenis baru, dan bosan dengan varian yang itu-itu saja,” ucap Akbar, Rabu (30/8/2023).

“Konsumen ingin bakpia yang lebih lembut, isiannya banyak, dan akhirnya tercetuslah membuat bakpia khusus. Tapi tetap memberikan cita rasa bakpia itu sendiri, makanya headline kita Jogja Rasa Baru,” imbuhnya.

Bakpia Kukus Tugu Jogja dibikin oleh Rizka Wahyu Romadhona sama suaminya. Dulu cuman usaha di rumah aja. Liat permintaan yang ramai, mereka mulai buka toko biar gampang masyarakat beli Bakpia Kukus Tugu Jogja.

Bakpia Kukus Tugu Jogja mulai jualan online lewat salah satu platform e-commerce, Tokopedia, pada tahun 2020. Lewat promosi macem-macem, bisnis Bakpia Kukus Tugu Jogja naik permintaannya, meski lagi pandemi Covid-19.

“Bergabungnya kami dengan Tokopedia, mendapatkan brand awareness di mana orang-orang lebih kenal dengan brand kita, terutama di Jogja. Ini juga meningkatkan penjualan kita,” kata dia.

“Pandemi merupakan pukulan yang berat untuk pelaku usaha. Makanya saat itu, kita selalu eksplor untuk channel baru. Mungkin offline kita terdampak, tapi online-nya mulai kita gencarkan dan alhamdulillah bisa terlewati,” imbuhnya.

Sebagai oleh-oleh khas dari Jogja, Bakpia Kukus Tugu Jogja nggak cuma dukung pake bahan baku yang bagus, tapi juga yang diproduksi sama warga lokal. Biar aman, Bakpia Kukus Tugu Jogja juga udah pake standar sertifikasi buat jamin keamanan produknya sampe ke tangan konsumen.

Sampai sekarang, Bakpia Kukus Tugu Jogja udah punya banyak gerai dan terus usaha buat nambah gerainya dengan ngajak UMKM lokal. Udah ada sekitar 700 UMKM yang bekerja sama sama Bakpia Kukus Tugu Jogja.

“Kita juga merangkul UMKM, mungkin kalau main ke toko kita, 60 persen produk kita, dan 40 persen produk UMKM. Kurang lebih ada 700 UMKM yang bergabung dengan kita,” terangnya.

Nah, untuk produk-produk Bakpia Kukus Tugu Jogja, ada berbagai macam, seperti bakpia kukus, bolu kukus, sifon cake, dan almond tart. Harganya juga beragam, mulai dari Rp 24.500 sampe Rp 45.000.

Bakpia Kukus Tugu Jogja juga lagi ngincer pasar internasional ke depannya. Tapi, mereka masih pengen pastiin dulu dan ngeriset lebih dalam soal kemampuan produk mereka buat bertahan lama di pasar luar negeri.

“Kita pastinya mau ekpor ya sebagai bisnis. Kita ada arah ke sana, tapi tidak dalam waktu dekat ini, karena kita tahu umur produk kita pendek, jadi kita harus berinovasi dulu untuk rencana ekspor. Mungkin kita akan bikin dalam bentuk frozen food misalnya,” ucap Akbar.

Nih, buat kalian yang mau mulai bisnis makanan, Akbar punya tips simpel nih. Pertama, konsisten aja dari awal, pastiin fundamentalnya kuat, produknya juga harus sesuai sama yang lagi dibutuhin pasar, dan jangan lupa manfaatin teknologi buat jualan online di jaman sekarang.

“Jadi bisnis seperti ini, bukan untuk short term, tapi long term, selebihnya usaha dan doa,” kata Akbar.

Disadur dari kompas.com

Leave A Reply