Beli Properti

Ramadhan kali ini memberikan berkah pada sektor properti. Pasalnya, permintaan properti berupa ruko alias rumah toko sedang ramai-ramainya di beberapa wilayah Jakarta, Bekasi, hingga Bandung. Sepertinya, bulan Ramadhan kali ini telah memicu antusiasme para usahawan untuk memulai bisnisnya.

Marine Novita selaku Country Manager Rumah.com mengungkapkan, permintaan ruko paling banyak berasal dari wilayah Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Utara, Bekasi, dan Bandung.

“Permintaan terhadap ruko masih banyak berasal dari DKI Jakarta, sebesar 35 persen dari permintaan ruko secara keseluruhan dan Jawa Barat 23 persen,” ujar Marine kepada Bisnis, Jumat (31/3/2023).

Kondisi ini ternyata berbanding terbalik dengan properti residensial yang malah diprediksi bakalan terkoreksi, terutama ketika menjelang Lebaran nanti.

Menurut Rumah.com Indonesia Property Market Report Q1 2023, rata-rata penurunan permintaan residensial di periode tersebut sebesar 2-5% secara kuartalan di masa pandemi.

“Benar, data kami mencatat penurunan rata-rata 2-5 persen pada permintaan properti di Hari Raya memasuki masa pandemi [tahun 2020-2022]. Sebelum pandemi, penurunan bahkan di atas 10 persen,” ungkapnya.

Sebenarnya tak hanya di Jakarta, Bekasi dan Bandung saja, penjualan ruko di wilayah lain pun juga tampak prospektif.

Hal tersebut bisa dilihat dari banyaknya ruko yang terjual, seperti Graha Boulevard di Bogor milik PT Summarecon Agung Tbk. (SMRA) yang ludes dalam waktu 2 jam. Atau Vienna Grande di Gading Serpong milik Paramount Land yang pada pertengahan Maret 2023 ini sudah laku 70 unit ruko komersial.

Disadur dari bisnis.com

Leave A Reply