Gini Lho Caranya Jual Beli Rumah Tanpa Notaris yang Aman buat Pemula

Gimana sih, jual beli rumah harus pake notaris atau enggak? Pasti banyak yang mikir gitu sekarang. Maklum, proses jual beli rumah tuh gak gampang. Ada banyak dokumen yang harus dicek atau dibikin sama notaris. Tapi sebenernya, ada kondisi tertentu yang bikin lo gak perlu melibatkan notaris pas jual beli rumah atau tanah. Penasaran gimana caranya biar aman? Simak deh ulasannya. Peran Notaris dalam Jual-Beli Rumah Sama kayak Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT), notaris juga sering dipake buat urus jual beli properti, kayak rumah atau tanah. Keduanya ngurusin legalitas transaksi properti, tapi notaris dan PPAT itu beda profesi. Fungsi dan wewenang… Continue Reading

Mau Naikin Nilai Jual Rumah? Cek Lanskapnya!

Kalau lo mikir mau jual rumah, pastinya pengen dapet nilai jual yang lebih tinggi, kan? Selain perbaikin bangunan dan interior, lo juga perlu mikirin faktor lanskap atau ruangan luar. Menurut situs Real Homes, beberapa ahli bilang kalau lanskap bisa ningkatin nilai rumah. Taman yang ditata dengan baik bakal ningkatin nilai rumah secara signifikan. Misalnya, halaman rumput yang rimbun dan elemen hardscape kayak teras dan jalan setapak bisa nambah daya tarik dan kasih kesan pertama yang kuat buat calon pembeli. Secara khusus, lanskap yang terpelihara baik bisa ningkatin nilai rumah sekitar 5 persen sampai 15 persen, tergantung kualitas dan luasnya pekerjaan.… Continue Reading

Sampe Juni 2024, Beli Rumah Bebas Pajak Lho!

Pemerintah bikin makin gampang buat masyarakat yang mau beli rumah dengan ngegratisin pajaknya 100% sampai Juni 2024. Aturan ini ada di Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 7 Tahun 2024 tentang Pajak Pertambahan Nilai (PPN) atas Penyerahan Rumah Tapak dan Satuan Rumah Susun yang Ditanggung Pemerintah Tahun Anggaran 2024. Aturan ini buat ningkatin pertumbuhan ekonomi Indonesia dan nambah daya beli masyarakat di sektor perumahan. Kebijakan ini mulai berlaku dari 13 Februari 2024. Biasanya, PPN dikenakan waktu beli rumah atau apartemen, yaitu 11% dari harga properti yang dijual. Tapi, dengan aturan ini, pembeli nggak perlu bayar PPN 11% karena ditanggung pemerintah 100%.… Continue Reading

Inilah 6 Momen yang Pas Banget buat Beli Rumah

Semua orang juga tahu kalo rumah adalah aset yang penting bagi siapa pun, baik sudah menikah atau belum. Gak cuma sebagai tempat tinggal aja, rumah ini juga bisa dijadiin sebagai instrumen investasi yang menguntungkan lho. Namun, mahalnya harga rumah bikin semua orang pikir-pikir dulu kalo mau beli rumah. Gak cuma harganya doang, besaran cicilannya pun juga jadi bahan pertimbangan. Nah, kebanyakan pertimbangan inilah yang bikin orang jadi sering menunda-nunda buat beli rumah. Pas harganya naik, baru kepikiran “Kok gak beli dari kemarin aja ya?”. Biar Kamu gak selalu menunda dan menyesal di akhir, berikut adalah momen-momen yang pas buat beli… Continue Reading

Begini Cara Aman Beli Rumah yang Dijaminkan

Belakangan ini, beli rumah buat pertama kali jadi momen penting banget dalam hidup orang. Kalo lo mikirin buat beli, lo pasti jadi lebih pilih-pilih dan hati-hati. Soalnya, gak bisa main-main beli rumah, kan harganya lumayan mahal. Buat jaga-jaga, penting banget buat pastiin kalo rumah yang mau lo beli itu clear dari segi status, legalitas, pajak, dan yang lainnya. Pas lagi ngincer rumah bekas yang harganya murah banget dibandingin harga pasar, lo pasti tertarik banget, kan? Tapi, setelah dikulik-kulik, ternyata sertifikatnya lagi dijadikan jaminan atau dijaminkan. Nah, beli rumah yang dijaminkan bisa jadi opsi buat lo. Tapi, biar tetep aman dan… Continue Reading