Istilah rumah ramah lingkungan atau eco-house adalah konsep rumah yang didesain dengan memanfaatkan potensi alam secara maksimal. Gak cuma dari konsep rumahnya aja sih, soalnya penghuninya juga diharapkan bisa mengadopsi gaya hidup ramah lingkungan.

Menurut sejumlah ahli, rumah yang mengusung konsep ramah lingkungan tidak bersifat “merusak,” karena menggunakan material yang dapat bersinergi dengan alam. Gak cuma dari desain rumahnya aja, tapi konsep ini juga menuntut penghuninya buat menerapkan gaya hidup yang eco friendly.

Nah, kalau Kamu tertarik, kamu siap gak buat punya rumah ramah lingkungan? Kalau iya, bisa banget lho simah ciri-cirinya di bawah ini.

Desain Rumah Dibuat Mengikuti Lingkungan Sekitarnya

Mungkin banyak yang ngira kalo rumah minimalis atau modern tuh ramah lingkungan. Tapi sebenernya, nggak semuanya begitu, loh.

Banyak banget rumah minimalis yang dipenuhi kaca gede-gede di segala penjuru rumah. Tapi jelas, desain kayak gitu nggak cocok banget buat iklim di Indonesia yang panas, malah bisa bikin jadi efek rumah kaca.

Kalo mau punya rumah yang bener-bener ramah lingkungan, lebih baik pilih desain yang punya bukaan lebar. Konsep kayak gini lebih pas buat iklim kita dan bikin sirkulasi udara di dalam rumah jadi lebih sehat.

Material Ramah Lingkungan

Terus, soal materialnya, kalo mau bikin rumah hijau, harus banget pake bahan yang nggak bakal buat limbah banyak. Ada yang kaya bambu, tanaman hemprecete, batang jerami, tanah yang dipadatkan, kayu, batu bata, sampe ashcrete yang ramah lingkungan gitu.

Pengelolaan Sampah & Drainase

Nggak cuma gitu, penting juga nih perhatiin cara pengelolaan sampah dan drainase di perumahan. Kalo di sana ada tempat buat urusin sampah organik dan non-organik, berarti nggak cuma jualan doang klaimnya ramah lingkungan.

Energi Alternatif

Nah, soal energi, rumah ramah lingkungan biasanya pake energi alternatif. Misalnya, pake panel surya. Selain lebih ramah lingkungan, bisa juga hemat listrik, loh.

Ruang Terbuka Hijau

Buat lahan terbuka hijau, nggak perlu luas banget. Bisa kok bikin taman kecil di halaman rumah. Yang penting, tumbuhin banyak tanaman hijau biar udara jadi lebih sehat. Jangan lupa juga, bikin beberapa lubang biopori di halaman rumah biar airnya bisa meresap dengan baik.

Penggunaan Alat Elektronik yang Seefisien Mungkin

Salah satu ciri rumah yang ramah lingkungan adalah erat hubungannya sama kebiasaan pemiliknya. Jadi, kalo mau beli alat elektronik, mending pilih yang watt-nya rendah atau hemat energi, contohnya AC atau pendingin ruangan.

Kalo emang nggak bisa nggak pake, paling nggak pilih AC yang ber-PK rendah atau perhatiin volume ruangannya. Karena semakin gede ruangan yang lo punya, semakin banyak juga listrik yang disedot sama AC buat dinginin ruangan. Jadi, pasang AC di ruangan penting yang kecil aja, ya.

Gaya Hidup Eco-Living

Seperti yang udah dijelasin di atas, gak cuma konsep rumah doang, tapi juga gaya hidup penghuninya. Biasanya, orang yang punya rumah ramah lingkungan lebih suka pake transportasi publik daripada kendaraan pribadi buat ngurangin emisi gas.

Intinya, buat ngaplikasin konsep hunian ramah lingkungan, gak cuma soal desain aja, tapi juga cara hidup sehari-hari. Jadi, kalo lo udah siap, mending langsung aja praktikin konsep eco-living di rumah lo!

Disadur dari rumah123.com

Leave A Reply