Nah, gini nih, rooftop garden tuh kaya lahan tambahan di puncak bangunan yang ditanami berbagai macam tanaman. Biasanya, di rooftop garden itu banyak tanaman hijau dan ada kursi-meja kecil buat duduk santai. Selain buat nambah estetika rumah, rooftop garden juga bisa jadi tempat buat nyantai dan refreshing dari kesibukan sehari-hari, lho.

Rooftop garden bisa dimanfaatin juga jadi taman kalo gak mau ngeluarin lahan kosong di rumah. Sekarang, udah banyak banget bangunan termasuk rumah yang pake rooftop garden ini. Ngerti gak sih, Ma? Rooftop garden bisa bikin rumah jadi makin kece, terutama kalo diliat dari luar.

Tapi, selain buat ngeliatin rumah, rooftop garden juga punya manfaat lain yang gak kalah penting. Nah, ini dia ringkasannya:

1. Tempat buat Menanam Buah dan Sayur Sendiri

Kalo lo suka berkebun, tempat ini oke banget buat koleksi tanaman. Lo bisa tanam macem-macem jenis sayur dan buah di rooftop garden. Misalnya bayam, kangkung, tomat, jeruk, jambu, dan lain-lain. Gak perlu khawatir soal cahaya matahari juga karena pasti tanaman-tanaman ini dapet nutrisi yang cukup. Bahkan, lo bisa tanam juga tanaman bumbu kayak cabai dan bawang di rooftop garden.

Manfaatnya buat nurtering tanaman sendiri itu banyak banget, Ma! Apalagi kalo hasil panen sendiri, jadi makanannya di rumah jadi lebih sehat.

2. Bikin Rumah Makin Adem

Tanaman di rooftop garden bisa menurunin suhu udara di sekitar rumah juga lho, Ma. Pas musim panas, biasanya rumah bakal terasa banget panasnya sampe AC pun gak terasa ngebantu banget.

Nah, kalo ada rooftop garden, rumah lo bakal jadi lebih adem. Itu karena rooftop garden bisa ngecilin suhu udara di sekitar rumah sampe 10-25%. Tanaman di sana bisa nge-absorb dan nge-hilangin panas di udara. Bahkan, ademnya ini ngaruh juga buat bangunan di bawah rooftop garden, kayak rumah lo.

3. Kurangi Air Hujan yang Nyerbu

Gak cuma di musim hujan aja, rooftop garden juga punya manfaat di musim hujan. Hujan deres bisa bikin rumah lo bocor, bahkan risikonya bisa sampe gede banget. Air hujan yang nyimpen di atap tanpa tanaman bisa bikin polutan. Soalnya airnya gak bisa meresap ke dinding bangunan.

Nah, rooftop garden bisa ngurangin air hujan karena bisa nyimpen 60-75% air hujan. Semakin dalam taman atapnya, semakin banyak air hujan yang bisa disimpen. Tapi, gak usah khawatir, air hujan yang disimpen itu cuma sementara. Ntar tanaman bakal nguapin airnya lagi.

4. Tempat Buat Aktivitas Outdoor

Beberapa kegiatan mungkin jadi makin asik kalo dilakukan di luar rumah. Rooftop garden bisa jadi pilihan pas buat keluarga buat santai dan ngabisin waktu bareng. Mulai dari bakar-bakaran sampe stargazing bisa lo nikmatin di rooftop garden. Lo juga bisa tambahin kursi-meja atau gazebo buat tempat santai di rooftop garden.

Area ini juga bisa jadi tempat buat santai kalo lagi suntuk di dalam rumah. Dengan nikmatin secangkir teh, baca buku, atau nontonin matahari terbenam, lo bisa relax pikiran di sini.

5. Ngebersihin Udara Kotor di Sekitar Rumah

Udah umum kan kalo tanaman bisa nge-absorb karbon dioksida (CO2) dan ngasilin oksigen (O2) yang bagus buat kesehatan. Nah, sama halnya dengan rooftop garden di rumah lo. Tanaman di rooftop garden bisa bersihin udara dan ngurangin debu di udara. Itu karena tanaman bisa proses fotosintesis, yang artinya ngeracik makanannya sendiri dan nge-absorb CO2. Jadi, udara kotor yang masuk ke rumah lo bisa dikurangin dan digantikan yang bagus.

6. Meminimalisir Kebisingan dari Luar Bangunan

Tau gak, tanaman di rooftop garden bisa ngurangin suara bising dari luar bangunan? Tanah di tanaman bisa nge-absorb, nge-pantulkan, atau bahkan ngalihkan gelombang suara yang dari luar bangunan. Akibatnya, tanaman ini bisa ngurangin kebisingan yang lumayan banget, Ma. Suara yang bisa dikurangin itu bisa sampe 3 desibel sampe 8 desibel.

Punya rooftop garden yang bisa nge-reduce suara bisa bikin rumah lo jadi tempat tinggal yang makin nyaman. Keluarga lo bisa tidur lebih nyenyak tanpa perlu risau sama suara bising di luar rumah.

7. Bikin Atap Makin Awet

Atap itu salah satu bagian rumah yang pertama kali kena paparan sinar ultraviolet dari matahari. Pas musim hujan, atap juga jadi bagian rumah yang kena banjir dan nyimpen air. Kedua hal ini bisa bikin atap makin cepet rusak. Palingan umur atap sekitar 15 – 25 tahun. Beda lagi kalo sama rooftop garden ini, bisa nyampe 50 tahun lho, bayangin!

Dengan menanam tanaman pada atap, bahan kedap air yang berada di bawah rooftop garden bisa dilindungi dari cahaya, naik turunnya suhu, bahkan kerusakan pada fisik bangunan. Dengan begitu Kamu bisa lebih hemat soal perbaikan rumah. 

Itulah beberapa manfaat membangun rooftop garden di rumah. Semoga informasi ini bisa bermanfaat buat Kamu ya!

Disadur dari popmama.com

Leave A Reply