Salah satu unsur yang paling penting di ruang kerja adalah pencahayaan. Pencahayaan yang baik dapat menghasilkan efek biologis dan terapeutik bagi para karyawan, menurut National Center for Biotechnology Information.

Begitu juga sebaliknya, pencahayaan yang buruk bisa menimbulkan sejumlah masalah, seperti ketegangan pada mata hingga sakit kepala parah.

Pencahayaan sangat penting karena juga dapat memaksimalkan suasana hati, meningkatkan etos kerja serta menciptakan suasana ruang kerja yang sempurna.

Maka dari itu, adalah suatu kewajiban bagi perusahaan untuk dapat memberikan pencahayaan efektif di kantor atau buat Kamu lewat ruang kerja di rumah.

Mengutip The Spruce, berikut adalah sejumlah trik untuk menghadirkan pencahayaan memadai di ruang kerja:

Pencahayaan alami

Sinar matahari yang masuk melalui jendela, skylight, atau portal lainnya akan menghasilkan pencahayaan hangat yang dapat meningkatkan kualitas lingkungan kerja.

Umumnya, cahaya alami yang baik berada di samping atau di depan meja kerja untuk menghindari silau. Sangat direkomendasikan juga untuk memposisikan tempat kerja menghadap ke utara atau selatan, sehingga matahari tidak memberikan bayangan di titik manapun.

Selain itu, Kamu juga bisa menambahkan ornamen tirai surya untuk mengurangi panas matahari langsung.

Pencahayaan tugas

Jika Kamu bekerja di depan komputer, baik menyelesaikan dokumen atau tugas intensif lainnya, maka disarankan untuk memilih sumber cahaya yang memiliki fungsi tertentu secara khusus.

Sebagai contoh, lampu meja yang bisa disesuaikan untuk menempatkan cahaya sesuai kebutuhan pengguna. Seperti di kantor yang memiliki pencahayaannya masing-masing di setiap ruangan, pencahayaan bagi Kamu yang work from home (WFH)pun juga harus dibuat sedemikian rupa untuk menghindari gangguan.

Pencahayaan dekoratif

Selain nilai fungsi, hal lain yang harus Kamu perhatikan adala nilai seni yang dapat memberikan daya tarik visual di ruang kerja.

Misalnya, dengan menghadirkan pencahayaan dekoratif beserta aksen atau elemen yang disukai agar ruang kerja memiliki karakternya sendiri. Hal ini dirasa memberikan andil dalam membangun suasana yang memengaruhi produktivitas kerja.

Disadur dari kompas.com


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *