Tak sedikit masyarakat yang melakukan work from home (WFH) alias bekerja dari rumah lantaran dilanda pandemi covid-19. Banyak cara dilakukan agar WFH tetap bisa produktif dan nyaman.

Salah satu tren yang muncul dari kondisi ini adalah kemunculan cloffice. Cloffice adalah singkatan dari closet-office (almari-kantor). Simpelnya, almari atau lemari yang Kamu miliki bisa disulap menjadi meja sebagai penunjang ruang kerja.

Jika Kamu belum pernah dengan istilah cloffice, maka penting untuk Kamu mengetahui hal ini, kan siapa tahu bisa menjadi inspirasi jika Kamu masih harus WFH hingga saat ini. Dengan cloffice ini Kamu bisa mendapatkan keuntungan lantaran lemari yang sudah lama tak Kamu gunakan bisa jadi bermanfaat.

Tak hanya itu, peralatan kantor dan barang-barang yang berantakan bisa Kamu sembunyikan di balik pintu lemari tertutup. Jika Kamu tertarik, cek sejumlah hal penting berikut ini:

1. Tata meja kerja

Pertama-tama, Kamu bisa mulai dengan meja kerja dan peralatan lain yang harus ditempatkan di sekitarnya. Caranya, Kamu cukup menggunakan rak sebagai desktop dan perhatikan ketinggiannya supaya Kamu tidak kesulitan untuk menggapai peralatan kerjamu. 

2. Pilih kursi yang tepat

Kamu juga harus mempertimbangkan soal kursi. Gunakan kursi yang bisa dimasukkan ke bawah meja dan biarkan pintu lemari tertutup. Kamu juga bisa menggunakan kursi putar beroda sebagai alternatif, kursi tersebut bisa Kamu pindahkan ketika pekerjaan telah selesai.

3. Penyimpanan

Gunakan seluruh bagian lemari agar dapat memaksimalkan wadah untuk menyimpan peralatan kerja. Jika perlu, Kamu bisa menambahkan rak dan lubang kecil untuk alat tulis atau coba satu set laci geser kecil untuk diselipkan di bawah meja.

4. Sesuaikan dekorasi

Ruangan ini bakalan jadi tempatmu untuk ber-WFH ria, jadi Kamu bisa bebas mendekornya sesuai keinginannmu. Kamu juga bisa melengkapi cloffice dengan warna yang memberikan energi atau pola yang menyenangkan.

5. Ganti pintu

Pertimbangkan untuk menukar pintu cloffice jika lokasinya berada di ruangan dengan lalu lintas padat, seperti di ruang keluarga misalnya. Jadi, sesuaikan untuk mengganti pintu dua lipat agar bisa menutup dengan sendirinya ketika sudah selesai digunakan di ruang bekerja.

Disadur dari kompas.com


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *