Banyak cara yang bisa Kamu lakukan untuk membuat rumah minimalis modernmu jadi tampak lebih ciamik. Salah satunya adalah dengan memilih jenis tangga yang tepat. Tangga tak hanya sebagai penghubung antar lantai, tetapi juga bisa sebagai sarana mengekspresikan selera khas penghuni rumah minimalis modern.

Tapi Kamu juga harus ingat, tangga memakan banyak ruang yang berarti membangun tangga dalam rumah yang luasnya terbatas tentu menjadi sebuah tantangan tersendiri.

Namun, Kamu tak usah bingung, Kita ada nih sejumlah opsi bentuk tangga yang mungkin bisa Kamu aplikasikan pada rumah minimalis modernmu.

Tangga lurus

Tangga lurus atau vertikal adalah jenis tangga yang mengarah ke satu arah. Tangga jenis ini memiliki anak tangga dengan tanjakan dan lebar yang tepat agar Kamu bisa naik dan turun dengan aman.

Tangga ini memiliki harga yang lebih terjangkau dan biasanya proses pengerjaannya paling gampang lantaran desainnya yang sederhana. Ruang sisa di bawah tangga juga bisa Kamu manfaatkan sebagai lemari penyimpanan atau ruang ekstra bermain anak.

Tangga dengan bentuk L

Tangga jenis ini adalah tangga yang bergaya tetapi tetap hemat ruangan sehingga pas banget buat rumah yang ukurannya terbatas. Selain bentuknya yang kokoh, Kamu juga bisa menambahkan privasi dalam rumah lantaran tangga jenis ini juga bisa menjadi penghalang visual antar lantai.

Satu hal yang harus Kamu pahami soal tangga L ini adalah desainnya yang lebih kompleks ketimbang tangga lurus sehingga ongkosnya juga lebih mahal. Tangga ini juga memerlukan struktur penopang untuk pendaratan dan belokan yang kerap kali dibangun pada dinding sekitarnya.

Tangga dengan bentuk U

Tangga putar balik atau switchback adalah jenis tangga yang memiliki belokan 180 derajat atau menyerupai bentuk huruf U. Selain lebih menarik secara visual, tangga switchback juga lebih mudah untuk dimasukkan ke dalam rencana arsitektur sebuah bangunan.

Namun, penggunaan tangga ini bisa menyulitkan Kamu sebagai penghuni rumah, terutama ketika Kamu ingin memindahkan barang yang lebih besar.

Disadur dari kompas.com

Leave A Reply