Salah satu elemen penting yang wajib Kamu pertimbangkan ketika sedang mendekorasi sebuah ruangan adalah warna cat dinding, tak terkecuali untuk kamar mandi.

Kamar mandi adalah area yang kerap kali digunakan oleh para penghuni rumah, sehingga amat sangat disarankan untuk menggunakan warna-warna yang netral untuk ruangan bersih-bersih ini.

Seperti dilansir dari Forbes, gunakan warna netral seperti putih untuk dinding kamar mandi agar dapat menimbulkan kesan bersih. Dengan warna putih Kamu bisa lebih mudah menemukan noda, sehingga Kamu bisa segera membersihkannya.

Warna netral lainnya selain putih di antaranya seperti krem, kuning muda, atau pink lembut. Ketiga warna ini mampu memancarkan cahaya ambient alami di sekitar ruangan. Tak hanya itu, pilihan warna ini juga dapat memberikan pantulan cahaya yang bagus di cermin.

Sementara itu, Kamu bisa menggunakan warna-warna lebih berani seperti merah, hijau muda, atau biru untuk mengecat lemari atau rak penyimpanan. 

Mungkin Kamu ingin kamar mandi berkesan modern, untuk itu Kamu bisa memilih warna seperti abu-abu berkabut atau hijau sage di area lemari.

Ingat, kelembapan adalah suatu ancaman utama bagi tampilan cat. Misal, kelembaban dari uap air di pancuran bisa merembes di antara dinding dan lapisan cat. Bila diabaikan, ini bakal membuat tekstur dinding menjadi bergelombang dan mengelupas sehingga tak enak dilihat.

Untuk menyiasatinya, Kamu bisa memilih cat dengan lapisan mengkilap (glossy) karena cat jenis ini tahan pada kelembaban dan gampang dikeringkan.

Cat jenis ini bisa membentuk lapisan keras untuk menghalangi air, dan membuang air menetes ke lantai sehingga tidak meresap ke dinding kayu atau gipsum.

Satu lagi yang harus diingat, hindari produk yang didesain hanya untuk penggunaan luar, seperti cat batu misalnya. Memang terdapat sejumlah cat yang bisa membuat dinding eksterior lebih tahan air. Hanya saja, cat jenis ini mengandung sejumlah senyawa berbahaya yang bisa menyebabkan masalah pernapasan.

Disadur dari kompas.com

Leave A Reply