Lu pasti pernah liat pintu kaca otomatis kan, tapi jarang yang tau gimana cara kerjanya. Nah, teknologi ini bikin lu bisa masuk atau keluar dari suatu tempat tanpa perlu sentuhan tangan. Tapi, gimana sih cara kerja pintu otomatis itu?

Jadi, pintu kaca otomatis ini tuh bisa ngedeteksi orang atau benda yang mau masuk atau keluar dari gedung gitu. Nah, cara kerjanya itu dikombinasikan dengan sensor infra merah yang bisa ngedeteksi dengan tepat.

Pintu kaca otomatis ini biasanya Kamu temukan di fasilitas umum, tapi bisa juga lho pintu kaca otomatis ini dipasang di rumah mewah.

Ada banyak manfaat dari pintu kaca otomatis ini. Selain bikin lalu lintas orang jadi lancar, pintu otomatis juga bisa buka-tutup sendiri tanpa perlu dipegang. Makanya, banyak banget tempat yang pake pintu otomatis ini.

Tempat-tempat kayak kantor, gedung pemerintahan, rumah sakit, stasiun, mal, toko, bandara, hotel, sampe food court atau restoran, semuanya bisa pake pintu otomatis.

Nah, sebenernya pintu otomatis ini nggak seenak yang kita bayangin. Meskipun keliatan simpel, sebenernya punya mesin yang rumit banget, bro. Ada sensor dan motor penggerak yang bekerja secara harmonis buat buka-tutup pintu.

Pintu otomatis ini bekerja berdasarkan sensor. Nah, sensor itu bisa ngedeteksi kalo ada orang atau benda yang mau lewat deket pintu. Biasanya sensor itu ada di sekitar pintu otomatis, di dalam maupun di luar.

Sensor itu nanti bakal ngaktifin sistem motor yang bakal buka-tutup pintu otomatis. Sensor yang biasa dipake ada beberapa macem, kayak sensor optik, sensor gerakan, sensor panas tubuh, sensor tekanan, dan sensor jarak jauh.

Sensor Optik

Sensor optik itu kayak ngerasain sinar gaib gitu, bro. Dia ngirim sinar inframerah yang kita nggak bisa liat mata. Nah, kalo ada orang atau barang yang ngehalangin sinarnya, sensor itu langsung reaksi. Misalnya, kalo ada orang lewat yang bikin sinarnya keganggu, langsung deh programnya pada bingung, jadi pintunya buka. Nah, kalo udah nggak ada yang ngehalangin, pintunya otomatis tutup lagi.

Sensor Gerak

Sensor gerakan kayak bener-bener detektif, bro. Dia ngirim gelombang mikro yang kalo ada orang atau barang yang kedeteksi, sensor langsung aktif buat buka pintu otomatis. Begitu objeknya jauh, pintu otomatis langsung kembali nutup.

Sensor Panas Tubuh

Sensor panas tubuh itu kaya scan tubuh gitu, bro. Kalo ada orang depannya, sensor bisa ngecek panjang gelombang yang keluar dari tubuh orang itu. Kalo orangnya diam, panjang gelombangnya sama kaya sekitarnya, jadi nggak kedeteksi bedanya. Tapi, kalo orangnya gerak, panjang gelombangnya beda sama sekitarnya, jadi sensor langsung reaksi buat buka pintu.

Sensor Tekanan

Sensor tekanan biasanya dipake di pintu-pintu otomatis di mal. Nah, sensor ini ditaro di bawah keset depan pintu. Jadi, kalo ada barang yang berat di atas keset itu, sensor bakal aktif buat buka pintu otomatis.

Sensor Jarak Jauh

Sensor jarak jauh itu kayak remote pintu garasi, bro. Butuh remote buat ngendaliin buka-tutup pintunya secara manual. Biasanya dipake di pintu garasi otomatis.

Jadi, begitulah cara kerja pintu kaca otomatis, bro. Sekarang, udah ngerti kan gimana teknologi ini bikin hidup jadi lebih mudah?

Disadur dari kelaspintar.id

Leave A Reply