Walaupun terkesan klasik dan monoton, tetapi warna putih bisa menjadi pilihan buat Kamu yang gak mau repot soal warna.  Putih juga merupakan warna populer sepanjang sejarah.

Warna ini sudah menjadi primadona bahkan sejak zaman Roma Kuno hingga tren desain minimalis. Warna putih pertama ditemukan dalam lukisan di gua Lascaux, Perancis, sekitar 18.000 hingga 17.000 tahun yang lalu.

Peradaban Lascaux yang pada waktu itu memakai campuran mineral kalsit dan kapur. Warna putih juga dipergunakan dalam mewarnai bangunan penting seperti kuil, gereja, dan gedung pemerintahan.

Kuil Parthenon dan sejumlah kuil Romawi dan Yunani menggunakan warna ini sebagai dekorasi. Pada zaman itu warna putih diperoleh dari hasil pencampuran clad dan marmer putih.

Putih juga menjadi warna populer pada abad ke-18 dan 19, di mana warna ini juga digunakan dalam bangunan bergaya neoklasik. Pada masa Victoria, warna putih cerah tidak mudah untuk didapatkan. Masyarakat pada waktu itu memakai warna putih yang cenderung agak gelap atau warna krem.

Warna putih cerah sendiri baru ditemukan pada tahun 1940-an ketika mineral Titanium dioksida (TiO2) digunakan dalam pembuatan cat.

Penggunaan mineral ini semakin marak karena sanggup menghasilkan warna putih yang sangat cerah, yang kemudian diaplikasikan ke dalam berbagai kebutuhan seperti cat, wallpaper, hingga tekstil.

Kini interior dengan gaya Skandinavia yang terkenal dengan kesan simple dan bersih, sering memanfaatkan warna putih dalam setiap ornamennya.

Gaya ini mengoptimalkan cahaya dan ruang sekaligus memadukan berbagai macam warna turunan putih, seperti krem, ivory, vanilla, beige, hingga ghost white.

Keunggulan warna putih

Warna putih sesuai untuk Anda yang cepat bosan dengan dekorasi. Dengan warna putih, Anda bisa mengaplikasikan berbagai macam gaya dan desain perabot yang berbeda.

Terlihat lebih terang

Putih dapat memantulkan cahaya dengan baik. Namun, jika Anda merasa warna ini terlalu terang, pilihlah warna putih dengan undernote yang hangat dan hindari warna putih yang terkesan “dingin” atau kebiru-biruan.

Supaya warna putih menjadi terkesan hangat, padukan putih dengan warna klasik seperti hitam atau abu-abu.

Lebih luas

Selain membuat ruangan jadi lebih terang, putih juga warna putih juga memuat ruangan tampak lebih luas.

Timeless

Putih sudah menjadi warna favoriit sejak berbagai generasi. Pilihan warna ini juga masih sesuai untuk diaplikasikan ke dalam berbagai desain interior hunian.

Supaya tidak terkesan monoton, Anda dapat memadukan berbagi varian warna putih lain untuk mendapatkan hasil dekorasi ruangan yang lebih ceria.

Disadur dari kompas.com

Leave A Reply