Tak jarang ruang bawah tanah atau basement dijadikan ruangan multifungsi dengan alasan efisiensi lahan. Banyak cara bisa digunakan untuk menggunakan ruang basement secara efektif, baik ukurannya terbatas atau tidak.

Mengoptimalkan efisiensi juga berarti mengoptimalkan ruang, yang bisa berarti membuat penyimpanan fungsional untuk dekorasi yang jarang dipakai atau menambah ruang keluarga yang bisa digunakan. Tips dekorasi ruang basement ini bisa menjadi salah satu alternatif dalam mengoptimalkan ruang basement.

Pertimbangkan Kebutuhanmu dari ruangan

Pertama, pertimbangkan atau pikirkan tentang apa yang Kamu butuhkan dari sebuah ruangan bawah tanah. Apakah Kamu ingin membuat ruang bermain anak-anak atau Kamu ingin menerima tamu di basement yang nyaman?

Apa pun kebutuhanmu, banyak sekali ide dekorasi yang bisa Kamu manfaatkan.

Tentukan Tata Letak Yang Terbaik

Setelah Kamu sudah mendapatkan apa yang Kamu inginkan dan menentukan bujet, selanjutnya adalah membuat denahnya. Jika ingin membuat ruang tamu, bisa jadi Kamu akan membutuhkan kamar mandi tambahan.

Jika basement-mu luas, maka Kamu bisa membaginya menjadi beberapa ruangan yang berbeda-beda. Tetapi sebaliknya, jika ukurannya terbatas Kamu masih bisa menggunakannya untuk beberapa hal asalkan perencanaannya tepat.besar

Gunakan Bahan, Corak dan Warna yang Netral

Warna yang kuat dan berani dapat menarik perhatian dan menambahkan corak yang tepat. Cuma, penggunaan yang tidak tepat justru akan membuat ruangan terasa dan tampak lebih kecil. Dan tentunya hal ini bukan merupakan pilihan yang tepat untuk ruang bawah tanah.

Cobalah menggunakan warna-warna netral terang seperti putih, kelabu tua, dan abu-abu yang bisa membuat ruangan terasa lebih lega.

Gunakan warna yang serupa untuk perabotan yang lebih besar seperti sofa, meja, dan rak. Jangan lupa tambahkan warna dan karakter pada aksesoris seperti bantal, karpet, gorden, dan vas.

Disadur dari kumparan.com

Leave A Reply