Teknologi IoT bikin munculnya konsep smart home nih. Jadi, rumah yang hampir semua peralatannya bisa dikendalikan otomatis, bawaannya emang bikin hidup jadi makin gampang. Kalo kamu pengen punya rumah yang pake teknologi canggih kayak gitu, ada baiknya kamu cek dulu plus-minusnya, bro.

Pake sistem smart home bisa ngehubungin berbagai perangkat, mulai dari security system kayak CCTV dan alarm pintar, sampe lampu pintar dan saklar yang bisa diatur tanpa sentuhan. Nah, yang jadi nilai plusnya tuh keamanan dan efisiensinya yang oke banget.

Biar lebih jelas lagi soal keuntungan-keuntungan yang bakal lo dapetin dari smart home, yuk cek ulasan berikut ini!

Keuntungan Pake Smart Home

1. Hemat Energi dan Gampang Dikontrol

Pake smart home bisa bikin kamu lebih gampang ngatur penggunaan listrik buat alat-alat elektronik di rumah. Jadi, nggak usah lagi khawatir kalo lampu keburu lupa dimatiin.

Dengan jarak jauh, kamu bisa matiin atau nyalain lampu pake smart saklar yang terkoneksi sama aplikasi di smartphone. Dengan kemudahan ini, pastinya penggunaan listrik di rumah jadi lebih irit.

2. Tingkatkan Keamanan Rumah

Sensor pintar yang dipasang di pintu dan kamera CCTV bisa jadi andalan buat deteksi gangguan keamanan. Dengan smart lock buat pintu, cuma penghuni rumah atau kerabat dekat yang bisa buka pintu dengan akses sementara.

Kamera CCTV juga penting buat monitor keadaan sekitar rumah dan gerakan yang mencurigakan, baik siang maupun malam secara real-time. Jadi, kalo ada gerakan aneh, sensor langsung triger alarm keras dan notifikasi ke smartphone pemilik rumah.

3. Urusan Rumah Jadi Lebih Enteng dan Efisien

Kalo sibuk dan nggak punya banyak waktu buat urusan rumah, smart thing bisa jadi solusi. Dengan satu klik, smart vacuum cleaner bisa bantu nyapu rumah tanpa harus repot. Lampu juga bisa kamu atur jadwal kapan nyala dan mati secara otomatis.

Nggak perlu repot lagi buka tirai jendela di pagi hari, karena smart curtain bakal buka sendiri sesuai jadwal.

4. Meningkatnya Taraf Kehidupan

Meskipun biaya pasang smart home bisa lumayan, tapi manfaatnya sebanding. Kualitas hidup dipastikan naik banget dengan kemudahan aktivitas di rumah.

Disadur dari onassis-hardware.com

Leave A Reply