Produsen elektronik Korea Selatan, LG, baru aja ngeluncurin robot dengan teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) yang namanya Agen AI. Robot ini dirancang buat mantau rumah sampai nganalisis suasana hati seseorang.

LG pertama kali ngumumin robot Agen AI pas menjelang CES 2024 dan nyebutnya sebagai manajer dan pendamping rumah yang serba bisa. Robot AI ini terutama dirancang buat pemantauan rumah dan hewan peliharaan, tapi juga punya fitur lain.

Menurut LG, robot Agen AI ini ekspresif banget dan bisa berinteraksi dengan penggunanya lewat pengenalan gambar dan perintah suara. Buat bisa ngelakuin itu, Agen AI dilengkapin sama speaker dan kamera.

Komponen ini juga memungkinkan gadget AI buat nyambut pengguna dengan muterin musik pas mereka nyampe rumah. Musik yang diputer bakal berdasarkan analisis suasana hati individu saat mereka tiba di rumah.

Yang menarik, Agen AI ini jalan dengan dua kaki. Pas beroperasi, dia bergerak pake “dua kaki” yang ada rodanya. Jadi, kelihatan lebih kayak robot tradisional dibanding banyak perangkat lain yang udah dikembangin selama ini. Robot AI ini juga bisa ngontrol sejumlah perangkat rumah pintar.

Sebagai “hub rumah pintar yang bergerak,” seperti yang dijelasin sama LG, robot AI ini juga bisa terhubung ke perangkat pintar di seluruh rumah dan ngontrolnya.

“Robot ini menghubungkan dan mengontrol peralatan rumah pintar dan perangkat IoT,” kata LG dalam deskripsinya yang dikutip dari laman qrcodepress, Rabu (3/1/2024).

Reaksi awal terhadap peluncuran perangkat ini beragam. Ada yang nganggapnya lucu dan menarik, tapi ada juga yang ngerasa robot ini menyeramkan dan kayak di dunia distopia.

Yang belum jelas, kenapa hub buat perangkat pintar di seluruh rumah harus bisa dibawa kemana-mana. Keuntungan dari mobilitas independen perangkat AI ini juga belum dijelasin.

Meski begitu, beberapa tanggapan terhadap robot ini nunjukin bisa menimbulkan masalah buat pemilik hewan peliharaan. Misalnya, kalau gadget ini kebalik karena alasan tertentu, efektivitasnya jadi berkurang.

Tapi, penting buat diinget kalau robot AI ini masih produk yang diperkenalkan di CES. Banyak gadget dan teknologi yang dipamerin selama acara ini seringnya nggak pernah dirilis ke publik atau mengalami banyak perubahan sebelum dirilis.

Disadur dari sindonews.com

Leave A Reply