Ketika barang-barang yang terbuat dari kaca pecah, seperti gelas, bola lampu, atau kaca jendela, maka pecahan-pecahan kaca kecil akan berserakan di lantai. Tentunya hal ini membahayakan baik bagi penghuni rumah maupun hewan peliharaannya, karena itulah pecahan kaca ini harus segera dibersihkan dengan cara yang tepat.

Melansir dari The Spruce, Berikut adalah langkah-langkah pembersihan pecahan kaca yang tepat.

1. Kosongkan area

Pertama-tama, kosongkanlah area tempat pecahan kaca berserakan. Gunakanlah alas kaki ketika membersihkan pecahan kaca area tersebut, bila perlu gunakan sepatu tertutup, sarung tangan tebal, hingga pelindung mata.

Kamu bisa menggunakan sumber cahaya seperti senter atau lampu sebanyak mungkin untuk membantumu melihat setiap pecahan kaca. Cara paling bagus adalah dengan senter LED atau senter pada hapemu karena kaca akan berkilauan sehingga mudah dideteksi.

2. Ambil pecahan besar

Mulailah dengan mengamankan pecahan-pecahan yang berukuran besar, jangan lupa menggunakan pelindung tangan seperti sarung tangan. Jika tak punya sarung tangan, Kamu bisa menggunakan penjepit makanan.

Letakkan pecahan-pecahan besar tersebut dalam kantong plastik tiga lapis atau kertas tebal seperti koran baru kemudian membuangnya.

3. Gunakan sapu

Untuk menyapu pecahan kaca sebanyak mungkin, Kamu bisa menggunakan sapu berbulu dan pengki. Sapulah dengan baik agar pecahan-pecahan kecil yang berserakan juga bisa diamankan.

Jika terdapat pecahan kecil kaca yang tersangkut di serat karpet atau sambungan lantai, Kamu menggunakan potongan roti atau kentang untuk memungutnya.

Selain itu, Kamu juga bisa menggunakan handuk kertas yang telah dibasahi. Nantinya pecahan-pecahan kaca bakal menempel pada handuk kertas sehingga mudah dibuang.

4. Bersihkan sapu dan pengki

Setelah Kamu menyapu lantai, bisa jadi pecahan-pecahan kaca akan menempel pada sapu atau pengki. Karena itu, usai menggunakannya bawalah alat-alat ini ke luar ruang dan bilas di atas ember dengan baik.

Periksa juga bagian bawah alas kaki apakah ada pecahan kaca yang tersangkut di area tapak kaki, hal ini dilakukan agar permukaan lantai tidak tergores pecahan kaca yang tersangkut.

Disadur dari kompas.com

Leave A Reply