Biasanya banyak hewan yang tak diharapkan bermunculan di rumah ketika musim hujan, salah satunya adalah nyamuk. Nyamuk sangat menyukai air sehingga wajar ketika musim hujan mereka akan bermunculan.

Untuk mencegah hal-hal yang tak diingingkan, ada sejumlah hal yang perlu Kamu lakukan untuk mengusir nyamuk. Berikut adalah 5 tips ampuh mengusir nyamuk:

1. Tutup wadah yang digenangi air

Nyamuk senang sekali berad di dalam genangan air. Maka dari itu, Kamu harus menutup semua wadah seperti ember, tangki air, atau pot yang sangat disukai nyamuk. Jangan lupa membersihkan wadah tersebut usai menutupnya agar nyamuk tak dapat berkembang biak.

2. Tutup pintu dan jendela

Selain wadah yang digenangi air, Kamu juga harus menutup pintu dan jendela. Pasalnya, akan ada banyak air yang jatuh ke pintu maupun jendela sehingga menjadi sarang nyamuk. Terutama pada malam hari agar Kamu dapat terhindar dari bahaya penyakit yang datang akibat hewan ini.

3. Gunakan kapur barus

Tak hanya dapat mengusir kecoa, kapur juga bisa digunakan untuk mengusir nyamuk lantaran memiliki aroma yang menyengat.

Caranya, gunakan kapur barus dan celupkan di wadah yang panas atau dingin dalam air. Kamu bisa memanfaatkan kapur barus dengan menaburkannya di beberapa sudut ruangan, seperti kamar tidur atau kamar mandi. Ingat, hindarkan kapur barus dari jangkauan anak-anak karena mengandung bahan kimia beracun.

4. Tanam tumbuhan di sekitar rumah

Cara alami yang bisa Kamu lakukan untuk mengusir nyamuk adalah dengan menanam tanaman tulsi di sekitar rumah. Selain disebut memiliki khasiat sebagai obat, tanaman tulsi juga bisa menghentikan persebaran nyamuk. Jadi, segeralah menanam tanaman tulsi jika ingin rumahmu terbebas dari nyamuk,.

5. Gunakan bawang putih

Sudah sejak lama bawang putih digunakan di dunia kuliner. Tapi, ternyata bawang putih juga terbukti secara ilmiah sebagai pengusir nyamuk. Bawang putih sangat dibenci oleh nyamuk lantaran memiliki aroma pedas dan bau yang sangat menyengat sehingga efektif mengusir nyamuk.

Disadur dari kompas.com

Leave A Reply