Bagian kamar mandi yang harus dan utama untuk dibersihkan secara rutin adalah lantai atau ubin. Pasalnya, ketika sedang digunakan lantai kamar mandi adalah bagian yang paling sering kena air dan kotoran. Ini tentunya bakal bikin lantai jadi lebih cepat terasa licin.

Sebenarnya ada banyak sekali produk pembersih lantai kamar mandi yang recommended. Cuma, beberapa dari produk-produk tersebut malah bisa bikin grouting ubin jadi rusak. Grouting adalah fluida padat yang digunakan untuk mengisi celah atau digunakan sebagai penguat pada struktur ubin.

Tapi Kamu tenang aja, Kita ada nih cara agar ubin kamar mandimu tetap bersih tanpa harus merusak strukturnya, dilansir dari Real Homes, Sabtu (1/1/2021), cek cara membersihkan ubin kamar mandi menggunakan bahan alami berikut ini.

Lemon

Bahan pertama yang bisa Kamu manfaatkan adalah lemon. Lemon memiliki sifat asam alami yang sangat baik untuk membersihkan ubin kamar mandi.

Langkahnya, isi botol semprot dengan air lemon dan semprotkan ke ubin kamar mandi secara menyeluruh. Diamkan beberapa saat baru kemudian menyekanya dengan menggunakan spons, kain lembap atau siram dengan air hangat.

Cuka

Bahan kedua yang bisa Kamu gunakan adalah cuka. Cuka putih memiliki sifat disinfektan alam yang mampu membersihkan ubin.

Caranya, masukkan larutan cuka putih dan air dengan takaran setengah cangkir cuka dan satu liter air ke dalam botol semprot. Jika tak punya botol semprot, Kamu bisa merendam kain mikrofiber ke dalam larutan air cuka untuk membersihkan ubin. Kemudian bilas ubin dengan air hangat.

Namun, Kamu harus tahu bahwa cuka putih tidak bisa digunakan untuk membersihkan lantai yang terbuat dari marmer, granit dan travertine karena malah bisa merusak strukturnya.

Soda Kue

Bahan terakhir yang bisa Kamu manfaatkan adalah soda kue. Dalam kandungan soda kue terdapat natrium bikarbonat yang dapat menjadi pembersih ubin efektif, bahkan untuk noda membandel sekalipun pada grouting.

Caranya, campurkan 2-3 cangkir soda kue dengan sedikit air dan taburkan pada lantai ubin. Lalu, gosok ubin dengan sikat gigi bekas atau spons untuk membantu membersihkan noda membandel. Terakhir, tambahkan air lemon pada ubin dan bilas dengan air hangat untuk hasil mengkilap.

Disadur dari kompas.com

Leave A Reply