Tak sedikit mitos yang berkembang seputar sektor perumahan di tanah air. Salah satu di antaranya ialah rumah tusuk sate.

Konon katanya, rumah tusuk sate adalah tempat favorit bagi para jin dan makhluk halus sehingga bisa mendatangkan petaka bagi para penghuni rumah. Hal inilah yang bikin rumah tusuk sate kurang laku bahkan setelah dibanderol dengan harga miring sekalipun.

Meskipun sering dihubung-hubungkan dengan hal-hal gaib, Feng Shui Nexus menyebut terdapat alasan yang masuk akal atau logis soal mengapa tak sedikit para ahli menyarankan agar konsumen menghindari rumah tusuk sate.

Alasannya adalah terkait dengan lalu lintas di sekitar rumah tusuk sate. Rumah tusuk sate ini biasanya bertempat di tepi jalan utama. Jika arus lalu lintas sedang tinggi, maka otomatis akan berbahaya bagi keamanan rumah apalagi bila rumah belum memiliki pagar pembatas.

Apalagi kalau ternyata rumah tusuk sate tersebut berada di ujung jalan turunan, maka otomatis tingkat bahaya yang mengancam keselamatan penghuni rumah akan meningkat.

Masalah berikutnya adalah soal sorotan lampu kendaraan ketika malam hari. Mayoritas orang merasa tidak nyaman ketika sebuah kendaraan bergerak lurus ke arah mereka.

Di rumah tusuk sate, sorotan lampu depan kendaraan akan langsung mengarah ke rumah. Hal ini memang bisa diakali dengan tirai, tetapi ini bisa membuat penghuni rumah merasa terganggu.

Selanjutnya adalah soal kebisingan, maklum saja karena lebih banyak kendaraan yang melintas sehingga kebisingan pun tak dapat terelakkan.

Selain itu, masih ada lagi soal polusi udara. Tingkat polusi udara di rumah tusuk sate tentu akan lebih tinggi, dan mengekspos diri pada paparan polusi dalam jangka panjang pastinya dapat menyebabkan gangguan kesehatan.

Karena alasan-alasan tersebutlah rumah tusuk sate jarang dilirik oleh masyarakat. Walaupun dibanderol dengan harga jual yang lebih murah di pasaran.

Disadur dari kompas.com


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *