Desain Rumah

Karpet dapat membuat ruangan menjadi lebih nyaman,  tetapi menentukan ukuran karpet yang tepat untuk ruang tamu bisa menjadi sebuah tantangan tersendiri. Tapi tenang saja, melansir dari Homes & Gardens, Senin (2/1/2023), berikut ulasan mengenai ukuran karpet ideal untuk ruang tamu.

1. Batas 12 hingga 18 inci

Claire Fitzpatrick, kepala staf di Ruggable, sebuah perusahaan yang menyediakan karpet yang dapat dicuci, menjelaskan sejumlah poin praktis yang bisa digunakan sebagai panduan ketika menentukan ukuran karpet untuk ruang tamu. Aturan penting untuk karpet ruang tamu ialah menyisakan batas 30 – 45 cm antara karpet dan dinding.

2. Ikuti aturan 70 persen

Lindsey Graziano, pemilik perusahaan karpet vintage New England Loom, menyebutkan ukuran rata-rata untuk karpet ruang tamu adalah 274 cm x 365 cm. Tetapi, tentu saja ukuran karpet yang ideal sangat bergantung pada luas ruangan.

Menurut Graziano, minimal karpet dapat menutupi 70% dari luas lantai, idealnya menyisakan 30 – 60 cm di kedua sisi antara karpet dan dinding.

Lapisan karpet merupakan pilihan yang bagus ketika Kamu ingin menggunakan karpet yang lebih kecil tetapi tetap mengisi ruang lantai, sarannya. Jadi kesalahan karpet dapat dengan mudah diperbaiki.

3. Ukur area di bawah meja kopi di ruang tamu sempit

Menurut Fitzpatrick, tak masalah menempatkan karpet di bawah meja kopi saja untuk ruang tamu dengan luas yang terbatas. Tetapi. untuk ruang yang lebih besar, Kamu memerlukan 60 – 120 cm sofa dan kursi di atas karpet.

4. Pertimbangkan bagaimana Anda ingin menciptakan suasana di ruang tamu

Nick Spain, founder Arthur’s studio desain yang menggarap interior dan taman di New York City, Hudson Valley, dan The Berkshires melihat ukuran karpet sebagai alat yang efektif dalam menciptakan suasana tertentu dalam sebuah ruang, dari ramah hingga formal.

Karpet besar yang membentang dari dinding ke dinding kerap kali menciptakan perasaan ingin menyebar dan bersantai. Sedangkan karpet yang lebih kecil yang menunjukkan lebih banyak lantai cocok untuk ruang yang lebih jelas dan dapat memberi ruangan perasaan yang jauh lebih formal dan fungsional, papar Spain.

Pada akhirnya, Spain menjelaskan, ukuran karpet ditentukan oleh ukuran ruangan dan perasaan yang ingin Kamu hadirkan di ruangan tersebut.

5. Ukuran karpet di ruang tamu kecil

Fitzpatrcik menilai, ruang tamu besar atau denah lantai terbuka tampak bagus dengan karpet yang lebih besar, karena membantu menentukan ruang hidup dari ruang lain di ruangan itu.

Sebaliknya, jika luas ruangannya terbatas maka sebaiknya menggunakan karpet berukuran kecil. Pasalnya, tanpa adanya pembatas antara karpet dan dinding, karpet malah akan membuat ruangan terasa lebih kecil dari yang sebenarnya.

Seberapa jauh karpet harus berada di bawah sofa?

Hal ini tentunya sangat bergantung pada penempatan sofa di ruang tamu. Idealnya, minimal di bawah dua kaki depan, ungkap Graziano.

Apakah karpet besar membuat ruangan terlihat lebih luas atau lebih sempit?

Salah satu kesalahan yang bisa Kamu lakukan adalah menggunakan karpet yang terlampau kecil, yang akan membuat ruangan tampak lebih kecil. Dengan membeli karpet dengan ukuran yang tepat dapat membuat ruang tamu kecil tampak lebih luas.

Disadur dari kompas.com

Leave A Reply