Pemerintah lewat Direktorat Jenderal (Ditjen) Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) minta PT Krakatau Steel (Persero) Tbk buat bikin beragam inovasi pemanfaatan teknologi dan produk baja buat sektor perumahan.

Menurut Iwan Suprijanto, Direktur Jenderal (Dirjen) Perumahan Kementerian PUPR, ini perlu biar pembangunan rumah ke depan bisa dikerjakan secara lebih cepat, masif, dan berkualitas.

“Saat ini, kebutuhan rumah untuk masyarakat semakin meningkat. Sehingga, Kementerian PUPR berharap Krakatau Steel untuk bisa melakukan berbagai inovasi penggunaan baja untuk pembangunan hunian,” ucap Iwan dalam rilis, Kamis (14/9/2023).

Sesuai instruksi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, kerja sama Krakatau Steel sama Kementerian PUPR jadi penting banget buat support program infrastruktur dan perumahan. Di samping itu, bahan baja juga jadi kebutuhan utama buat ngebantu pembangunan infrastruktur di Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur.

Kementerian PUPR juga berharap Krakatau Steel bisa bikin sinergi sama BUMN Karya buat nge-develop teknologi inovatif buat bangun rumah tapak atau rusun.

Terus, mereka juga dorong penggunaan produk lokal buat program perumahan. Jadi menurut Iwan, ada kebanggaan buat industri baja dalam negeri buat kontribusi lebih besar di sektor pembangunan infrastruktur.

Iwan akui, banyak tawaran dari luar negeri terkait produk baja buat pembangunan rumah masyarakat, termasuk di IKN.

“Tapi, kami ingin penggunaan produk dalam negeri lebih diutamakan karena industri baja seperti Krakatau Steel yang memiliki berbagai produk baja bisa berkontribusi dalam pembangunan perumahan,” pungkas Iwan.

Disadur dari kompas.com

Leave A Reply