Beli Properti

Pemerintah lagi bikin nih, Istana Presiden dan Lapangan Upacara di Ibu Kota Nusantara (IKN). Dikutip dari postingan akun Instagram resmi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) @kemenpupr, Senin (18/9/2023), sampai 17 Agustus 2023, progres kedua proyek ini sudah sampai 22,1 persen.

Dua proyek yang berada di kawasan yang sama itu rencananya bakal siap digunakan tanggal 17 Agustus 2024 nanti. Istana Presiden di IKN juga dikenal sebagai Istana Garuda gara-gara bentuknya yang kayak burung garuda.

Bangunan Istana Garuda itu berdiri di atas lahan seluas 55,7 hektar dengan tapak seluas 334,200 meter persegi. Karena uniknya, gambar Istana Garuda dijadiin background waktu Presiden Joko Widodo (Jokowi) sambut para tamu di KTT ASEAN ke-43 tempo hari.

Sebagai bentuk kota hutan, gambar Istana Garuda keliatan kaya dikelilingi sama pepohonan. Terus, Jokowi juga yakin kawasan Istana Presiden di IKN bisa selesai sesuai jadwal.

“Kawasan ini adalah Kawasan Istana, Istana Kepresidenan, yang saya optimis tahun depan bulan Agustus 2024 Insya Allah bisa upacara di sini,” ucap Presiden Jokowi saat berkunjung ke IKN, Jumat (24/2/2023).

Pembangunan Istana dan Kantor Presiden menghabiskan bujet sebesar Rp 1,56 triliun. Konstruksinya digarap oleh PT PP (Persero) Tbk-PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, KSO.

Disadur dari kompas.com

Leave A Reply