Desain Rumah

Dapur vintage ini banyak penggemarnya. Gak cuma estetik, tapi dapur vintage ini juga timeless alias tak lekang oleh waktu. Jadi, apa pun trennya, apa pun masanya, dapur vintage ini bakalan terlihat keren. Dapur vintage ini juga pake perabotan dan barang antik yang cantik, tapi tetap fungsional tentunya.

Dilansir dari Homes and Gardens, Rabu (10/1/2024), berikut ini ide dekorasi dapur vintage yang tak lekang oleh waktu.

1. Barang antik sebagai aksesori
Barang antik bisa jadi ornamen atau aksesori dapur yang ngasih kesan vintage. Direktur kreatif di deVOL Helen Parker nyaranin buat beli barang antik, terus taruh di dapur dan cocokkan dengan ruang tamu.

Selain itu, kombinasikan antara barang antik dengan barang-barang modern buat menciptakan kesan seimbang.

2. Tempelkan wallpaper bermotif bunga

Wallpaper memang jarang ada di dapur, tapi wallpaper bisa ngasih kesan yang berbeda di dapur. Salah satu ide dapur vintage adalah dengan memasang wallpaper bermotif bunga.

Motif bunga dengan warna cerah bisa ngasih kesan hangat dan menarik. Wallpaper juga bisa dipasang di sebagian atau seluruh dinding dapur. Kombinasikan wallpaper bermotif dengan meja dapur dari marmer buat menciptakan kesan mewah.

3. Gunakan perabotan antik

Selain barang antik, perabotan antik juga bisa ditaruh di dapur buat menciptakan kesan vintage. Meja dan kursi kayu vintage bisa ditaruh di dapur sebagai tempat makan atau sebagai pengganti kitchen island. Dengan begitu, perabotan-perabotan ini gak cuma buat visual aja, tapi juga tetap ada fungsionalitasnya.

4. Perhatikan pencahayaan

Gunakan lampu dinding yang menghasilkan cahaya terang ke bawah pada dapur vintage. Lampu gantung antik pun juga bisa dipilij buat bikin dapur makin estetik.

Kalau Kamu pengen ada cahaya alami, maka pasanglah jendela. Dengan begitu cahaya matahari akan lebih mudah masuk ke dapur melalui jendela.

5. Tirai vintage

Jangan lupa memasang tirai vintage untuk jendela dapurmu. Selain menambah estetika dapur, tirai ini juga bisa menjaga privasi. Cobalah untuk menggunakan tirai bermotif vintage seperti motif bunga dengan warna cerah.  Motif tersebut bisa ngasih kesan ceria dan hangat.

6. Lantai terakota

Lantai terakota bisa menciptakan warna yang hangat dan kesan vintage. Gunakan ubin yang sudah disegel sebelumnya atau dilindungi segel supaya hasil akhirnya lebih tahan terhadap noda dan tumpahan makanan.

Disadur dari kompas.com

Leave A Reply