Tokoh Properti

Dunia properti memang sangat menarik. Soalnya harga bangunan selalu meningkat dari tahun ke tahun. Indonesia sendiri juga punya beberapa pengusaha properti besar yang keren-keren lho.

Sebut saja Eka Tjipta Widjaja, Mochtar Riady, dan klan Ciputra. Tapi, masih ada lagi lho pengusaha lainnya yang punya total aset yang fantastis. Mau tau siapa? Cek ulasan berikut ini!

1. Eka Tjipta Widjaja

Eka Tjipta Widjaja adalah pemilik dari Sinar Mas Land. Sinar Mas Land sendiri didirikan oleh dua perusahaan properti terkemuka yang sudah berkiprah di bursa efek, yaitu PT Duta Pertiwi, Tbk dan PT Bumi Serpong Damai, Tbk.

Menurut Forbes, blio dan keluarganya adalah orang paling tajir ke-3 se-Indonesia. Dari perusahaannya itu blio mempunyai total kekayaan sebesar US$8,6 miliar atau setara dengan Rp133 triliun.

Beberapa proyek yang berhasil dibangun di antaranya adalah komplek perumahan, hotel, komplek commercial industri, superblok, golf course, sampai Ritel Trade Centre dengan label ITC di beberapa kota besar di Tanah Air.

2. Mochtar Riady

Mochtar Riady adalah founder Lippo Karawaci, Tbk. (Lippo Group). Perusahaannya dikenal telah sukses melakukan usaha terintegrasi yaitu diversifikasi berupa hunian, kota mandiri, apartemen, hotel, rumah sakit, mall bahkan sampai kawasan industri.

Mengutip dari Forbes, total kekayaan keluarga blio per Oktober 2022, tembus US$1,2 miliar atau sekitar Rp21 triliun.

3. Dr. Ciputra

Dr. Ciputra adalah ketua sekaligus founder PT Ciputra Development. Mengutip Forbes, Dr. Ciputra sendiri masuk sebagai 50 orang Terkaya di Indonesia pada 2018 lalu.

Dalam majalah Forbes edisi 2019, Ciputra dan keluarganya memiliki harta senilai US$1,1 miliar atau setara dengan Rp16 triliun. Ciputra Development miliknya merupakan salah satu perusahaan properti paling besar di tanah air dengan proyek di 33 kota.

4. Alexander Tedja

Alexander Tedja dijuluki sebagai raja properti dan mal dari Surabaya dengan grup perusahaan di bawah bendera Pakuwon Group. Bahkan, blio sering disebut sebagai konglomerat Raja Mal di Indonesia. Melansir Forbes, pada 2022 Alexander Tedja mempunyai kekayaan US$1,2 miliar atau sekitar Rp17,22 triliun.

5. Trihatma Kusuma Haliman

Trihatma adalah pemilik dari Agung Podomoro Land yang dikenal sebagai developer properti terbesar di Indonesia. Sebagai suksesor dari Anton Haliman. Sejak blio bergabung pada tahun 1973 silam, Agung Podomoro Land mengalami perkembangan yang sangat pesat. Trihatma pun mampu mengembangkan hotel, apartemen sampai resor.

6. Soetjipto Nagaria

Soetjipto Nagaria adalah seorang pengusaha properti yang mendirikan dan mengembangkan Group Summarecon Agung. Kini, blio menempati posisi sebagai Chairman di group Summarecon Agung, yang merupakan salah satu perusahan properti besar di Indonesia. Menurut laporan Forbes per 20015, kekayaannya tembus US$400 juta atau sekitar Rp6 triliun.

 7. Harjanto Tirtohadiguno (The Ning King)

Harjanto Titrohadiguno merupakan salah satu konglomerat di Indonesia. Blio adalah founder perusahaan pengembang properti PT Alam Sutera Realty Tbk yang sudah berdiri sejak 1993 dengan nama PT Adhihutama Manunggal. Mengutip dari Forbes, harta kekayaannya tembus US$450 atau sekitar Rp6 triliun.

8. Kwee Cahyadi Kumala

Kwee Cahyadi Kumala alias Swie Teng merupakan owner dari PT Sentul City Tbk yang menggeluti bidang pengembangan properti dan real estat dengan kegiatan usaha meliputi perencanaan dan pembangunan bangunan indoor dan outdoor seperti pusat perbelanjaan, rumah sakit, perkantoran, rumah ibadah, dan lain sebagainya.

9. William Honoris

William Honoris adalah seorang pengusaha dari PT Modernland Realty Tbk. Mengutip dari situs resminya, PT Modernland Realty Tbk sudah sukses mengembangkan beragam profil proyek berkelas Indonesia, terutama di Jabodetabek. Tiga proyek Perseroan yang paling substansial adalah Kota Modern, Modern Park, dan Modern Hill.

10. Sugianto Kusuma

Sugianto Kusuma adalah founder perusahaan properti Agung Sedayu Group. Di Agung Sedayu Group, blio mengembangkan proyek perumahan, pertokoan, apartemen, dan kawasan niaga hingga kawasan industri secara masif, yaitu Sedayu Square, Green Sedayu Biz Park Daan Mogot, dan Green Sedayu Biz Park Cakung,.

11. Husodo Angkosubroto

Ayah Husodo Angkosubroto, Go Soei Kie adalah founder grup Gunung Sewu, perusahaan yang menggeluti bidang properti dan pertanian. Husodo Angkosubroto dan ketiga saudaranya mewarisi perusahaan keluarga setelah Go Soei Kie meninggal, harta kekayaan sang keluarga per 2021 tembus US$1,2 miliar atau setara dengan Rp18,8 triliun.

Disadur dari bisnis.com

Leave A Reply