Lo Lagi bingung mau bikin desain rumah kayak gimana? Kalo gitu, mungkin gaya eklektik bisa jadi jawaban buat kamu. Ini cocok buat yang mau gabungin gaya minimalis dengan sentuhan unik sesuai selera kamu sendiri.

Gaya eklektik ini udah lama ngetren sejak jaman 19-an. Dasarnya sih gabungin elemen-elemen historis biar keliatan unik dan asli. Nah, kamu juga bisa berekspresi sesuai selera dalam gaya ini.

Contohnya Urban House 2.0, rumah yang bisa jadi inspirasi banget buat desain rumah unik. Ini cocok buat kamu yang lagi cari-cari ide buat desain rumah yang beda.

Desain Urban Modern Jadi Landasannya

Urban House 2.0 pada dasarnya itu rumah yang udah jadi, nih. Proyek renovasi ini dilakukan sama Vindo Desain. Meski tetap pegang konsep lama bangunannya, tapi ada berbagai sentuhan baru yang dimasukin, jadinya hunian ini tampil beda banget.

Di dalem rumahnya, ada kejutan banget dari luarnya yang biasanya cuman warna-warna alami dan minimalis. Begitu masuk, langsung disambut sama warna-warni yang fresh dan cerah.

Misalnya di ruang makan, warna biru pastel jadi dasar dindingnya dengan beberapa sentuhan warna cerah di sudut-sudutnya. Ga cuma itu, ada juga dua kursi warna-warni yang dipasang, ditambah lagi dengan lukisan pop art yang jadi sorotan di dinding, bikin ruangan makin asyik.

Masukin Beragam Unsur-Unsur Eklektik Sekaligus

Desain interior dengan gaya eklektik tuh punya banyak bahan komponen, ya. Ga cuma dari struktur bangunannya aja, tapi pilihan furnitur dan motif dekorasi di dalam rumah yang penuh warna juga punya peran penting.

Naro elemen-etnik dari negara lain juga biasa dilakuin. Misalnya di ruang keluarga, bisa lo temuin karpet dengan motif bendera Inggris. Di sisi lain, sofa dan berbagai hiasan di dinding bikin kesan urban dan modern makin kentel.

Pake konsep open plan, jadi lo bisa liat desain ruangan keseluruhan dengan bebas. Kalo ruang keluarganya penuh warna-warni, area dapur malah lebih condong ke warna yang monokromatik dan minimalis.

Cuma liat dari pilihannya countertop dan kabinet aja udah keliatan, deh. Bahkan, kulkas sama kabinet gantung juga lebih condong ke warna hitam dan abu-abu. Meski gitu, biar hubungannya antar-ruang tetap ada, sang desainer naro beberapa warna lewat aksesori di dapur. Misalnya lampu gantung yang warnanya cerah-ceria. Sederhana tapi bikin kesan!

Kamar Tidur Simpel Tapi Nyaman Banget

Bikin penasaran, nih, biasanya bagian mana di rumah? Iya dong, kamar tidur! Urban House 2.0 punya kamar tidur utama yang simpel banget. Bedding putih dan headboard krem bener-bener nyambung banget sama warna dinding yang gading. Nah, buat tetep ada kesan unik, ada lukisan pop art yang nongkrong di dinding.

Konsep komik ini juga ketemu di ruang makan, loh. Kamar tidur anak juga sama, sih, dengan konsep yang serupa. Cuma bedanya, ada beberapa elemen yang dikasih warna soft yang manis dan fun.

Taman Tengah Rumah yang Asyik

Yang bikin Urban House 2.0 beda adalah taman tengahnya, atau yang tepatnya ada di balkon dalam rumah. Tempat kecil ini dipenuhi sama rumput dan tanaman hijau yang bikin betah buat santai outdoor bareng keluarga.

Desain eklektik itu ga ada rumus pastinya, sih. Lo cuma perlu jago-jagoan nyocokin gaya satu sama lain. Semoga Urban House 2.0 bisa jadi inspirasi buat lo ya!

Disadur dari arsitag.com

Leave A Reply