Bro, liat, menurut catatan BPS, tahun 2020, jumlah pusat belanja di Indo mencapai 649 unit, bro. Dari angka itu, sekitar 118 unit ada di Jawa Barat, gila, kan? Nah, salah satu pemilik pusat belanja ini tuh si raja mall, Mochtar Riady, guys.

Mochtar Riady, dia tuh pendiri Lippo Group yang punya PT Lippo Karawaci Tbk. Nah, doi juga punya beberapa mall besar dan tenar di Indo, bro. Lahirnya dari keturunan Tionghoa di Malang, Jawa Timur, 12 Mei 1929, guys.

Mantan lulusan filsafat Universitas Nanking ini sempet tinggal di Hongkong sampe tahun 1950, baru balik lagi ke Indo setaun setelahnya. Ngejalanin bisnis sepeda pas umur 22 taun, trus bangun karier di perbankan yang sukses ampe krisis finansial Asia tahun ’97.

Dia mulai bikin Lippo Group dengan beli saham Bank Perniagaan Indonesia tahun ’81 dan mulai main di dunia perbankan. Sekarang, Lippo Group udah punya bisnis di real estat, ritel, layanan kesehatan, media, dan pendidikan, guys.

Di bisnis properti, Lippo nggak cuma bangun perumahan, tapi juga kota satelit, apartemen, pusat belanja, kantor, sampe kawasan industri. Karena itu, Lippo Group tumbuh di Cikarang, Sentul, Bogor, sekitar Jakarta dan Tangerang lewat Lippo Karawaci, guys.

Beberapa mall Lippo Group tersebar di Indo, bro. Selain Plaza Semanggi, mereka juga punya Pluit Village, Lippo Mall Kemang, Lippo Mall Puri, Sun Plaza, Palembang Icon, dan banyak lagi, guys.

Terus, Mochtar Riady juga punya bisnis perhotelan, bro. Aryaduta Hotels, grup hotel bintang lima terbesar di Indo, punya delapan hotel di seluruh Indo. Selain itu, dia juga main di bidang layanan kesehatan dengan Siloam Hospitals, yang udah punya 24 rumah sakit di Indo.

Selain itu, Lippo Group juga ikut andil di sektor pendidikan lewat Yayasan Pelita Harapan yang punya 45 sekolah K-12 dan tiga universitas UPH, guys. Keren banget, kan, liat kerja kerasnya si Mochtar Riady ini?

Disadur dari bisnis.com

Leave A Reply