Makin hari material buat bangun rumah makin banyak opsinya, mulai dari batu bata, batako, sampai batu hebel. Tapi, seiring berjalannya waktu, batu hebel pun makin populer. Nah, pasti Kamu bertanya-tanyakan, apa itu batu hebel?

Batu hebel sendiri adalah material bangunan yang dihasilkan dari campuran pasir, semen, kimia busa, gypsum, kapur, pasta alumunium, dan air.

Beda sama batu bangunan lainnya, batu hebel biasanya lebih gampang diperoleh. Proses produksinya pun juga lebih cepat soalnya sudah pake mesin cetak modern. Jadi wajar aja kalo batu hebel punya banyak keunggulan, yang mulai dilirik sama banyak ahli bangunan.

Biar lebih jelas soal kelebihan batu hebel ini, cek aja ulasan berikut ini!

1. Ringan

Batu hebel ini lebih ringan dibanding bata biasa atau batako. Jadi, waktu bikin bangunan, lebih efisien dan cepet banget.

Batu ini juga punya banyak rongga udara di dalamnya, jadi beneran enteng. Tapi, meskipun enteng, tetep kuat, bro.

2. Ukuran Nggak Ada yang Nyeleneh

Karena dibuat pakai mesin cetak, ukuran dan bentuk batu hebel tuh rapi dan simetris. Jadi, gak bakal ada batu yang beda-beda ukurannya. Nyusunnya juga jadi lebih gampang.

3. Super Awet

Meskipun ada banyak rongga udara di dalamnya, batu hebel ini tahan banting banget. Bahkan ada yang bilang kekuatannya setara sama beton, loh.

Kekuatannya ini gara-gara bobotnya yang ringan, jadi bisa tahan guncangan dan getaran. Belum lagi, batu hebel ini udah memenuhi standar anti gempa. Gak heran kalo banyak gedung tinggi make batu ini buat pondasi.

4. Anti Panas

Batu hebel ini tahan banget sama panas, apalagi buat daerah tropis. Material bangunan ini bisa nahan panas dari luar, jadi bagian dalam rumah tetep adem.

5. Gampang Dipasang

Bobotnya ringan, permukaannya rata, jadi batu hebel ini super gampang dipasang. Ukurannya yang seragam juga bikin proses pasangnya cepet banget, gak ribet kayak batu lain yang mesti disesuaikan dulu.

Nah, kalo mau dipotong juga gampang, gak bakal pecah-pecah, beda sama batu lain yang sering bikin emosi.

6. Anti Suara & Air

Bentuknya yang padat bikin batu hebel bisa nahan suara, jadi gak kedengeran dari luar. Keren, kan? Jadi privasi di rumah terjaga.

Batu hebel juga tahan air, apalagi kalo ditambahin finishing yang pas. Jadi, gak bakal rembesan air masuk ke dalem.

7. Finishingnya Lebih Gampang

Permukaannya udah rata, jadi gak perlu terlalu tebelin lagi pake plesteran. Apalagi, gaya industrial lagi ngehits, yang suka tampilan dinding yang ala-ala belum kelar.

Nah, itu tadi beberapa keunggulan batu hebel yang bisa jadi pilihan buat bahan bangunan. Meskipun harganya agak mahal, tapi hasilnya pasti bikin puas, bro.

Disadur dari ruparupa.com

Leave A Reply