7 Kelebihan Batu Hebel buat Bikin Fondasi Rumah

Makin hari material buat bangun rumah makin banyak opsinya, mulai dari batu bata, batako, sampai batu hebel. Tapi, seiring berjalannya waktu, batu hebel pun makin populer. Nah, pasti Kamu bertanya-tanyakan, apa itu batu hebel? Batu hebel sendiri adalah material bangunan yang dihasilkan dari campuran pasir, semen, kimia busa, gypsum, kapur, pasta alumunium, dan air. Beda sama batu bangunan lainnya, batu hebel biasanya lebih gampang diperoleh. Proses produksinya pun juga lebih cepat soalnya sudah pake mesin cetak modern. Jadi wajar aja kalo batu hebel punya banyak keunggulan, yang mulai dilirik sama banyak ahli bangunan. Biar lebih jelas soal kelebihan batu hebel… Continue Reading

6 Jenis Semen Beserta Kegunaannya dalam Dunia Konstruksi

Soal bikin bangunan, semen tuh jadi bahan yang paling penting, bro! Semen ini berfungsi buat ngejadiin bahan bangunan lainnya jadi nempel, kayak batu bata, beton, dan pasir. Kalo nggak ada semen, bangunan bisa rapuh dan gampang roboh, loh. Ada banyak jenis semen yang bisa lo pilih sesuai keperluan. Pas lo mau pilih semen, lo harus bener-bener pertimbangin jenisnya sesuai sama bangunan yang lo bikin. Biar lo lebih paham, cek penjelasannya di bawah ini, ya! Jenis-jenis Semen yang Cocok buat Dunia Industri Nih, buat kalian yang lagi mikirin jenis semen yang pas buat dunia industri, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan,… Continue Reading

Jenis-jenis Batu Bata yang Kerap Dipake buat Bangunan

Pemilihan bahan bangunan atau material yang tepat buat bikin rumah adalah hal yang mutlak. Gak bisa Kamu asal-asalan milih material buat bangun rumah, yang ada ntar malah nyesel. Dari segala jenis material yang ada, batu bata adalah salah satu material yang sering dipake buat bikin rumah. Batu bata pun juga ada jenis-jenisnya sendiri yang bisa Kamu gunakan sesuai dengan kebutuhan. Ngomongin soal batu bata, berikut adalah jenis-jenis yang paling sering dipake di Tanah Air buat bangun rumah. Melansir akun instagram Kementerian PUPR,  ada 5 jenis batu bata yang paling sering dipake, yaitu: 1. Bata Merah Bata merah ini terbuat dari… Continue Reading

12 Material Yang Paling Krusial dalam Pembangunan Rumah

Pastinya semua orang punya impian untuk bisa memiliki rumah sendiri. Tapi, semua orang juga tahu kalau punya rumah sendiri itu gak murah dan butuh waktu yang lama. Jadi, semuanya harus diperhatiin dan disiapin. Salah satu yang harus lo perhatiin dan siapin adalah soal material bangunan. Ini penting lho, mau lo bikin rumah baru atau ngerenov rumah seken, lo harus tetep merhatiin yang namanya material bangunan. Biar apa? Biar rumah lo kuat dan awet. Jenis Bahan Material Bangunan Ada beberapa jenis material yang harus lo tahu ketika bikin rumah. Ada 12 bahan bangunan yang paling umum ada di dalam konstruksi bangunan,… Continue Reading
Bahan Bangunan

Tiga Bahan Bangunan Yang Berasal Dari Limbah dan Lumpur

Kamu tahu gak, soal bahan-bahan bangunan yang dikembangin sama Pusat Penelitian dan Pengembangan Perumahan dan Permukiman (Puskim) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)? Ternyata, Puskim ini udah ngembangin material bangunan yang berasal dari limbah-limbah dan lumpur tak terpakai. Limbah dan lumpur yang tadinya cuma terbuang sia-sia, disulap menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi kehidupan. Bahkan, bahan bangunan yang dihasilkan bisa ngurangin pemakaian sumber daya alam yang berlebih lho.  Apa aja sih material-material itu? Nih, 3 material bangunan yang dimaksud: 1. Pemanfaatan dari residual cracking catalyst (RCC) Residual cracking catalyst (RCC) adalah limbah dari pemprosesan minyak mentah di dalam reaktor. Pemanfaatan… Continue Reading