Makin ke sini teknologi perumahan makin berkembang aja, gak cuma pake tenaga ahli aja sekarang, tapi kini rumah sudah bisa dibangun dengan menggunakan proses 3D print. Bahkan, belum lama ini pembangunan rumah dengan pake teknologi 3D print bisa bikin rumah yang bertingkat lho!

Mengutip dari dezeen.com, pengembangan rumah tingkat dengan teknologi 3D print ini digarap sama ICON di Texas. Mereka udah ngerilis Phoenix, printer 3D yang dipasang di lengan robot.

Phoenix Sang Robot 3D Print Rumah Tingkat

Bro, ada robot keren namanya Phoenix yang bisa 3D print rumah tingkat. Nih, Phoenix bisa bikin struktur bertingkat yang full tertutup pake campuran rendah karbon. ICON, perusahaan yang bikin, bilang kalo printer 3D ini punya basis derek yang bisa dibongkar. Dan Phoenix juga bisa bangun rumah bertingkat dengan sistem tertutup.

Robot ini bisa sampe setinggi 70 kaki, mirip kayak derek gitu, jadi bisa bikin bangunan lebih tinggi dari printer 3D ICON sebelumnya, yang namanya Vulcan.

Caranya kerja mirip kayak printer 3D lainnya, layer by layer ditumpuk pake campuran semen buat bikin dinding. Nah, campuran semen dari ICON (namanya Lavacrete) itu dialirin dari derek lewat nosel yang dikontrol sama giroskop. Nah, atap rumahnya bakal keliatan kubah gitu.

Perkembangan Robot Phoenix dari Robot Vulcan

Nah, si Phoenix ini upgrade dari robot sebelumnya, Vulcan. Karena sistem dereknya, cuma butuh beberapa orang di lokasi buat pantau progressnya. Versi ini lebih canggih dari robot rumah 3D yang dibikin sama perusahaan teknologi Hannah tahun lalu.

Selain itu, ICON juga bikin material baru namanya CarbonX dan masukin ke dalam sistemnya. Bahan ini bikin harapan ICON buat bikin “sistem bangunan perumahan rendah karbon yang siap dipake secara massal” makin deket. Tapi, Bahan CarbonX baru bakal dipake setelah April 2024.

Keren banget ya teknologinya! Jadi, tertarik gak bikin rumah pake robot ini?

Disadur dari detik.com

Leave A Reply