Nyewain rumah bisa jadi cara mantul buat dapetin pemasukan tambahan. Biasanya, rumah disewain tahunan. Tapi kalau lo tinggal di daerah yang sering didatengin turis, kayak deket pantai atau pusat belanja, nyewain rumah jangka pendek atau musiman juga oke banget. Sebelum nyewain rumah ke orang lain, lo harus pertimbangin beberapa hal berikut.

1. Siapin Rumah Lo

Rumah yang biasa aja nggak bakal cukup buat menarik penyewa. Karena mereka bayar, mereka bakal lebih teliti sama hal-hal kecil. Buat menarik perhatian penyewa, bersihin rumah lo secara menyeluruh dan pastiin semua peralatan berfungsi dengan baik. Rumah yang bersih jadi nilai plus buat penyewa, apalagi kalau tata letak furniturnya menarik dan enak dipandang.

2. Pasang Iklan

Buat menarik calon penyewa, bikin iklan yang menarik dan jelas. Cantumin fitur-fitur yang diinginkan penyewa, kayak mesin cuci dan garasi. Menurut RentalsOnline.com, penggunaan kata-kata kayak granit, canggih, peralatan baja tahan karat, langit-langit berkubah, dan lantai kayu bisa bantu dapetin penyewa. Pastikan rumah lo punya salah satu fitur itu. Terus, pasang iklan rumah di situs web terkenal dan koran lokal. Lo juga bisa pake jasa perusahaan manajemen properti buat bantu nyewain rumah.

3. Selektif Pilih Penyewa

Mulai cari penyewa begitu rumah lo siap. Tapi, hati-hati dalam milih penyewa. Pilih calon penyewa yang nggak cuma bisa bayar tepat waktu tapi juga bisa jaga rumah lo dengan baik. Jangan lupa kumpulin referensi dari penyewa potensial dengan cek riwayat kredit mereka. Setelah nemuin penyewa yang pas, minta uang jaminan dan atur jadwal pembayaran yang cocok.

Disadur dari kompas.com

Leave A Reply