Desain minimalis jadi pilihan favorit banyak orang yang mau bangun rumah. Soalnya, selain timeless, desain minimalis juga butuh dana lebih sedikit. Desain minimalis erat banget sama rumah yang ukurannya nggak terlalu besar dan lebih mengutamakan fungsi.

Tapi, selain minimalis, ada beberapa ide desain rumah keren lainnya buat yang budget-nya pas-pasan sekitar Rp 100 jutaan. Ini disampaikan sama Interior Expert Pinhome, Shania Tahir, dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Selasa (18/10/2022).

Pertama ada rumah simpel farmhouse. Desain ini sering banget kita lihat di film-film peternakan. Rumah ini bentuknya sederhana dengan model memanjang, tapi di ujungnya ada bentuk segitiga yang berlawanan arah.

Meski sederhana, rumah ini punya tampilan yang unik dan menarik. Kita juga nggak perlu punya peternakan buat mengadopsi desain rumah farmhouse ini.

Kedua adalah minimalist barn house. Desain ini bentuknya sangat sederhana kayak huruf A dengan dinding tinggi. Biasanya di bagian belakang rumah ada pintu kaca biar cahaya matahari bisa masuk lebih mudah ke dalam.

Ketiga adalah rumah gaya industrial yang biasanya dibuat dengan konsep unfinished look. Jadi, tampilannya kayak belum selesai, misalnya tembok yang sengaja nggak dicat, pilar dari bahan logam, bahkan bisa dibuat tanpa plafon. Keunikan bentuk ini diyakini bisa menghemat biaya pembangunan rumah.

“Rumah industrial biasanya tidak dilengkapi dengan plafon untuk memperkuat kesan industrialnya, tidak dilengkapi dengan ornamen rumah yang rumit, sehingga ongkos pembangunannya pun minim,” kata Shania.

Kemudian ada rumah berbentuk cottage. Cottage biasanya berupa pondok-pondok kecil yang dipakai sebagai penginapan di tempat wisata dengan pemandangan alam indah.

Shania bilang, cottage nggak cuma cocok buat penginapan, tapi juga bisa dipakai sebagai desain rumah minimalis. Meski kecil, rumah berbentuk cottage bisa dibangun dengan fungsi yang lengkap kayak rumah pada umumnya.

“Salah satu rumah yang memerlukan budget minim adalah cottage. Kenapa? Karena sejarahnya rumah cottage adalah rumah sederhana, hanya ada ruang tamu di lantai bawah serta dilengkapi dengan 2-3 kamar tidur,” imbuh Shania.

Ide kelima adalah rumah berbentuk kabin yang biasanya dibuat dari kayu dengan ukuran rumah yang nggak terlalu besar. Rumah kabin ini desainnya rustic dengan nuansa yang alami.

Beda sama hunian biasa, rumah kabin umumnya ditemukan di daerah pegunungan sebagai tempat buat istirahat. Tapi, rumah ini bisa jadi tempat tinggal yang nyaman dengan sentuhan desain minimalis modern yang memukau.

Disadur dari kompas.com

Leave A Reply